Skip to main content

Etsa Pertama Neanderthal Hashtag Batu Gua Gorham

Laporan Penelitian - Etsa Neanderthal pertama adalah sebuah #Hashtag. Tak ada yang bisa mengatakan permainan Zaman Batu atau bukti pertama seni Homo neanderthalensis, tapi dua hal tampak cukup jelas yaitu subjek dan objek sepupu jauh.

Grafiti di lantai batu keras sebuah gua di Gibraltar adalah karya Neanderthal yang dibuat secara sengaja lebih dari 40.000 tahun lalu. Simbol abstrak beberapa deskripsi mendukung hipotesis Neanderthal mampu berpikir simbolik halus.

Neanderthal menduduki Gua Gorham di pantai timur Gibraltar selama ribuan tahun. Umur lapisan tebal tanah liat di atas batu penuh alat-alat dan sisa-sisa kebakaran yang memberitahu bahwa etsa dibuat setidaknya 39.000 tahun lalu.

Stereotip Neanderthal yang sederhana dan manusia purba kasar berangsur-angsur menipis. Kemampuan membuat alat-alat batu dan strategi perburuan ikan, burung dan kelinci yang rumit membutuhkan ketrampilan sangat khusus.

Tapi apakah Neanderthal mampu berpikir simbolik halus, bahkan seni dan apakah mereka memperoleh kemampuan mereka sendiri atau terinspirasi kedatangan Homo sapiens yang lebih canggih dari Afrika ke Eropa menjadi perdebatan sengit.

"Ini bukan corat-coret. Untuk itu diperlukan banyak usaha. Pola ini jelas sengaja dan bukan kegiatan utilitarian. Ada keinginan menghasilkan pola abstrak," kata Francesco d'Errico, arkeolog University of Bordeaux di Perancis.

"Setiap kali Anda memotong daging menghasilkan goresan sampingan di bantalan dengan bentuk yang berbeda. Anda mendapatkan hamburan garis ke segala arah," kata d'Errico.




A rock engraving made by Neanderthals in Gibraltar

Joaquín Rodríguez-Vidal1 et al.
  1. Departamento de Geodinámica y Paleontología, Facultad de Ciencias Experimentales, and Marine International Campus of Excellence (CEIMAR) Universidad de Huelva, 21071 Huelva, Spain
Proceedings of the National Academy of Sciences, September 2, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1411529111

Gambar: Stewart Finlayson
Video: Joaquín Rodríguez-Vidal et al.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.