Skip to main content

Gravitasi Lensing Rekam Tabrakan Spektakuler 2 Galaksi

Laporan Penelitian - Dua galaksi bertabrakan di ruang jauh, sebuah tim astronom multinasional secara kolosal menemukan pasangan sangat jauh atas penggabungan galaksi H-ATLAS J142935.3-002836 dalam ketukan lensa gravitasi.

Sebuah tabrakan spektakuler antara dua galaksi yang diyakini memiliki struktur disk di masa lalu dengan sistem Antena dan memproduksi beberapa bintang baru setiap tahun bermassa gas beberapa kali Matahari.

"Ketika para astronom sering dibatasi kemampuan teleskop, dalam beberapa kasus kemampuan kita melihat detail terbantu oleh lensa alami," kata Hugo Messias, astronom Universidad de Concepción in Chile

Teori relativitas umum Einstein berfirman bahwa mengingat massa yang cukup, cahaya tidak bepergian dalam garis lurus tetapi akan membungkuk dalam cara yang mirip dengan refleksi cahaya oleh lensa normal.

Lensa dibuat oleh struktur besar seperti galaksi dan cluster yang membelokkan cahaya benda latar karena efek gravitasi. Sifat pembesar memungkinkan para astronom mempelajari benda-benda ketika alam semesta lebih muda.

"Kesempatan ini cukup langka dan sulit diidentifikasi, tetapi kami menunjukkan panjang gelombang inframerah dan milimeter dapat menemukan kasus jauh lebih efisien," kata Messias.

Messias dan tim menggunakan teleskop darat dan ruang paling kuat di dunia yaitu NASA Hubble Space Telescope, Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), Observatorium Keck, Karl G. Jansky Very Large Array (VLA) dan lain-lain.

Hubble dan Keck mengungkap detail cincin gravitasi diinduksi cahaya galaksi latar depan. Galaksi lensing adalah edge pada disk galaksi mirip Bima Sakti yang mengaburkan cahaya latar belakang karena awan debu besar di dalam.

Tapi blur bukan masalah bagi ALMA dan VLA sejak 2 teleskop mengamati benda-benda kosmik pada panjang gelombang lebih panjang. Sistem latar belakang benar-benar sebuah tabrakan 2 galaksi yang sedang berlangsung.
Herschel-ATLAS and ALMA : HATLAS J142935.3-002836, a lensed major merger at redshift 1.027

Hugo Messias1,2 et al.
  1. Universidad de Concepción, Barrio Universitario, Concepción, Chile
  2. Centro de Astronomia e Astrofísica da Universidade de Lisboa, Observatório Astronómico de Lisboa, Tapada da Ajuda, 1349-018 Lisbon, Portugal
Astronomy & Astrophysics

Akses : DOI:10.1051/0004-6361/201424410

Gambar: ESO/NASA/ESA/W. M. Keck Observatory

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.