Skip to main content

Geometri Putih Kumbang Cyphochilus dan Lepidiota stigma

Laporan Penelitian - Kumbang begitu indah begitu cerah, lebih putih dari putih dan sisik membuat lebih putih dari kertas. Tidak ada teknologi manusia menandingi kecerdasan Cyphochilus dan Lepidiota stigma menggunakan material tipis.

Hewan menghasilkan warna elegan untuk beberapa tujuan dari kamuflase, komunikasi, kawin dan termoregulasi. Warna-warna cerah diproduksi pigmen yang menyerap panjang gelombang cahaya tertentu dan mata manusia menilai sebagai warna.

Skala kumbang Cyphochilus dan Lepidiota stigma di Asia Tenggara padat jaringan kompleks filamen kitin, zat dengan struktur molekul mirip selulosa, seperti bangunan dinding sel jamur dan kerang dari krustasea hingga serangga exoskeleton.

Eksperimen selama jutaan tahun evolusi dunia kumbang membangun jaringan kompresi filamen kitin. Filamen kitin buruk memantulkan cahaya. Tapi spektroskopi optik menemukan geometri jaringan memantulkan cahaya sangat efisien.

Kumbang mengoptimalkan struktur internal untuk menghasilkan putih maksimal dengan bahan minimal. Efisiensi sangat penting bagi serangga terbang. Sifat fisik skala ultra-putih dapat digunakan untuk membuat kertas, plastik dan cat lebih putih.

"Teknologi saat ini tidak mampu menghasilkan lapisan putih seperti kumbang ini dalam lapisan tipis seperti itu," kata Silvia Vignolini, fisikawan University of Cambridge di UK.




Bright-White Beetle Scales Optimise Multiple Scattering of Light

Matteo Burresi1,2 et al.
  1. European Laboratory for Non-linear Spectroscopy (LENS), Università di Firenze, 50019 Sesto Fiorentino (FI), Italy
  2. Istituto Nazionale di Ottica (CNR-INO), Largo Fermi 6, 50125 Firenze (FI), Italy
Scientific Reports, 15 August 2014

Akses : DOI:10.1038/srep06075

Gambar: Lorenzo Cortese dan Silvia Vignolini
Video: Matteo Burresi et al., DOI:10.1038/srep06075

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.