Skip to main content

Resep Balsem Mumifikasi Mesir Jauh Sebelum Firaun

www.LaporanPenelitian.com - Jauh sebelum sang legenda dibaringkan, mayat kuburan kuno 4500 SM sampai 3350 SM di Badari Mesir Hulu merendam linen dalam resin. Praktek pembalseman prasejarah eksperimen awal mumifikasi sebelum periode Pharaoh.

Bungkus mumi direndam dalam campuran resin pinus, ekstrak tanaman aromatik, lilin dan gula digabung menjadi basis minyak nabati atau lemak hewan. Laporan baru mendorong kembali resep awal membuat mumi Mesir 1.500 tahun lebih tua.

Dinasti Firaun memerintah Mesir sekitar 2900 SM sampai 332 SM pemegang paten praktek mumifikasi dari periode Old Kingdom sekitar 2200 SM dan berhenti sampai periode Middle Kingdom sekitar 2000-1600 SM.

Tapi jauh sebelum mereka terbungkus dalam balsem, speri dalam rendam resin dan dikubur dalam peti dekorasi, para pendahulu mereka lebih egaliter telah menggunakan dasar-dasar resep pembalseman yang sama.

Kandungan zat antibakteri dalam proporsi sama ketika keterampilan mencapai puncaknya sekitar 3.000-2500 tahun lalu. Salep multi bahan diangkut 1.000 kilometer dari kuburan bahwa kawasan tersebut telah memiliki jaringan perdagangan luas.

"Saya terkejut orang Mesir prasejarah hidup dalam masyarakat suku 1.000 tahun sebelum temuan tulisan sudah mempraktekkan ilmu empiris yang nantinya menjadi tradisi besar," kata Jana Jones, arkeolog Macquarie University di Sydney.

"Kebijaksanaan umum mumifikasi royalti periode Firaun kemudian disaring ke massa. Kini setiap buku tentang mumifikasi harus mengambil hal baru bahwa mumifikasi tidak tiba-tiba terjadi di era piramida," kata Jones.

Pemakaman Badari terdiri dari kelompok pemakaman kecil berjumlah 600 kuburan. Beberapa kuburan berisi makanan, tembikar, kerang, manik-manik dan bahkan hewan peliharaan. Ada beberapa hirarki sosial sebagai masyarakat egaliter.

"Mayat-mayat diletakkan di tikar, ditutupi kain kafan dan kadang-kadang kulit hewan dengan lapisan anyaman," kata Jones.
Evidence for Prehistoric Origins of Egyptian Mummification in Late Neolithic Burials

Jana Jones1 et al.
  1. Department of Ancient History, Faculty of Arts, Macquarie University, Sydney, New South Wales, Australia
PLoS ONE, August 13, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0103608

Gambar: Jana Jones et al.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.