Skip to main content

Akhir Novel Rangeomorph Penguasa Era Ediacaran

LaporanPenelitian.com - Sekitar 600 juta tahun lalu makhluk fraktal frondlike memegang tampuk regim kepemimpinan Bumi. Komunitas rangeomorph mengisi lautan purba, kemudian secara misterius menghilang dari novel Cambrian.

Bentuk-bentuk kehidupan primitif dalam lanskep kaya nutrisi, laut tenang Periode Ediacaran yang berlangsung 635 juta hingga 541 juta tahun lalu. Tapi makhluk stasioner bukan perenang cepat untuk Periode Kambrium ketika kimia air laut berubah.

"Lautan Periode Ediacaran lebih seperti sup, penuh nutrisi seperti karbon organik, sedangkan hari ini partikel makanan harus dipanen berbagai hewan," kata Simon Conway Morris, paleontolog University of Cambridge di Inggris..

Semua kehidupan dikendalikan dari laut dan sebagian besar adalah ganggang atau bakteri. Makhluk beradaptasi di lautan ketika nutrisi tinggi atau rendah dalam kompetisi. Beberapa organisme lebih besar meninggalkan jejak dalam batuan di seluruh dunia.

Rangeomorphs tampak seperti pakis dengan cabang fraktal memancar dari tubuh tabung pusat. Beberapa bisa setinggi 2 meter. Selama masa kejayaan, mereka tinggal di mana-mana dari perairan dangkal hingga parit laut terdalam.

"Kita tahu rangeomorphs terlalu dalam di laut, mendapatkan energi melalui fotosintesis. Tapi lebih mungkin mereka menyerap nutrisi langsung dari air," kata Jennifer Hoyal Cuthill, paleobiolog di University of Cambridge di Inggris.

Rangeomorphs secara radikal berbeda dari semua bentuk kehidupan. Para ilmuwan tidak tahu bagaimana mereka hidup, reproduksi atau makan. Awalnya paleontolog bahkan tidak setuju rangeomorphs adalah hewan primitif mirip spons.

Tetapi selama ledakan Kambrium antara 520 juta dan 540 juta tahun lalu makhluk aneh dan mobile mulai mengisi lautan. Kimia kolom air tidak lagi kaya nutrisi. Evolusi exoskeleton menjadi inovasi trendi. Bergerak cepat menghukum mahkluk stasioner, rangeomorphs tak berdaya.
Fractal branching organizations of Ediacaran rangeomorph fronds reveal a lost Proterozoic body plan

Jennifer F. Hoyal Cuthill1 and Simon Conway Morris
  1. Department of Earth Sciences, University of Cambridge, Cambridge CB2 3EQ, United Kingdom
Proceedings of the National Academy of Sciences

Akses : DOI:10.1073/pnas.1408542111

Gambar: University of Cambridge

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.