Skip to main content

Virome Bakteriofag CrAssphage Mengintai Setiap Usus

LaporanPenelitian.com - Novel virus berlimpah mengendalikan bakteri usus Anda. Sebuah masyarakat viral baru ditemukan mengintai nyali 3/4 populasi di seluruh dunia, menjadi salah satu virom paling umum di mana-mana dan Anda tidak pernah tahu memilikinya.

Virome menginfeksi spesies bakteri usus adalah 6 kali lebih banyak daripada semua virus usus yang dikenal lainnya ketika digabungkan. Laporan baru mendukung hipotesis bahwa virus adalah para dalang usus sesungguhnya yang mengatur komunitas bakteri host.

"Idenya virus mengontrol kadar bakteri usus," kata Bas Dutilh, biolog informatika Radboud University Medical Centre di Nijmegen.

Fakta bahwa virus ditemukan pada begitu banyak orang yang berbeda, terlepas dari mana mereka tinggal atau apa yang mereka makan, menentang keyakinan yang dimiliki sebelumnya bahwa tanda tangan virus setiap orang adalah unik.

Tapi ada peringatan besar bahwa hanya 19 persen virome yang cocok dengan database virus yang dikenal. Sisanya adalah kotak hitam, baik karena sejumlah besar virus tidak diketahui dan karena evolusi cepat. Ini yang ia sebut sebagai "biologi materi gelap".

"Sisanya diabaikan karena kita tidak tahu," kata Dutilh.

Dutilh dan rekan di San Diego State University menyelam kembali ke dalam data Human Microbiome Project. Virus yang sama ditemukan pada 73 persen dari 466 sampel feses manusia. Virus baru crAssphage menginfeksi Bacteroides, salah satu bakteri paling sering ditemukan dalam usus manusia.

"Kami menemukan di sampel Eropa, Asia dan Amerika Serikat," kata Dutilh.

Bacteroides terlibat dalam obesitas, diabetes, kanker kolorektal bahkan autisme bahwa virus mungkin juga mengatur kondisi tersebut. Virome sebagai mekanisme kontrol satu tingkat lebih tinggi dari bakteri. Terapi bakteriofag dapat untuk memperbaiki populasi bakteri.

"Fakta bahwa virome telah diabaikan selama 10 tahun adalah gajah dalam penelitian microbiome. Kebanyakan orang hanya fokus pada bakteri, tetapi ada juga virus dan bahkan jamur," kata Dutilh.




A highly abundant bacteriophage discovered in the unknown sequences of human faecal metagenomes

Bas E. Dutilh et al.

Nature Communications, 24 July 2014

Akses : DOI:10.1038/ncomms5498

Gambar: Bas E. Dutilh et al., DOI:10.1038/ncomms5498
Video: San Diego State University

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.