Skip to main content

Efek Kuantum Gravitasi Mengubah Lubang Hitam

Laporan Penelitian - Bouncing quantum bisa membuat lubang hitam meledak, jika ruang-waktu granular bisa membalikkan keruntuhan gravitasi dan mengubahnya menjadi ekspansi. Sebuah upaya teoritis meskipun belum menemukan dukungan eksperimental.

Lubang hitam mungkin mengakhiri hidup menjadi sebaliknya yaitu 'lubang putih' yang menuangkan eksplosi semua materi yang pernah tertelan ke ruang. Satu saran berdasarkan teori kuantum gravitasi spekulatif mungkin bisa memecahkan teka-teki lama kehancuran lubang hitam.

Teori ini menunjukkan transisi dari lubang hitam ke lubang putih mengambil tempat yang tepat setelah awal terbentuknya lubang hitam, tapi karena gravitasi melebarkan waktu, pengamat luar melihat lubang hitam miliaran, triliunan tahun atau lebih abadi tergantung ukuran anggaran.

Jika benar, lubang hitam kecil yang terbentuk selama sejarah awal alam semesta sekarang siap meletup seperti petasan dan mungkin terdeteksi sebagai energi tinggi sinar kosmik atau radiasi lainnya.

Bahkan dalam laporan baru, para imuwan menyiratkan bahwa beberapa flare dramatis yang umumnya dianggap ledakan supernova sebenarnya merupakan pergolakan sekarat lubang hitam kecil yang terbentuk tak lama pasca Big Bang.

Teori Relativitas Umum Einstein bekerja ketika sebuah bintang sekarat runtuh di bawah beratnya sendiri dapat mencapai tahap di mana keruntuhan tidak dapat diubah dan tidak ada kekuatan yang dikenal di alam dapat menghentikannya.

Hal ini terjadi ketika cakrawala peristiwa muncul menyelubungi bintang dari pengamat luar, sementara mereka terus runtuh karena tidak ada, bahkan cahaya atau informasi apapun lainnya, dapat melarikan diri event horizon.

Karena kurva materi padat ruang relativitas umum klasik memprediksi bahwa bintang di dalamnya akan terus menyusut sebagai singularitas, suatu daerah di mana materi padat tak terhingga dan ruang tak terbatas melengkung. Dalam situasi seperti itu hukum fisika berhenti.
Black hole fireworks: quantum-gravity effects outside the horizon spark black to white hole tunneling

Hal M. Haggard, Carlo Rovelli

arXiv (last revised 6 Jul 2014)

Akses : arXiv:1407.0989

Possible observational windows for quantum effects from black holes

Steven B. Giddings

arXiv (last revised 7 Jul 2014)

Akses : arXiv:1406.7001

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.