Skip to main content

Pari Kotak Mobula tarapacana Peselam Ekstrim

www.LaporanPenelitian.com - Box Ray peselam ekstrim di laut dalam, Setan Chili mobula berduri keluarga Myliobatidae pengembara laut yang sebelumnya dianggap penghuni permukaan. Pari Kotak (Mobula tarapacana) dapat menyelam sampai kedalaman 2.000 meter.

"Kami pikir mereka melakukan perjalanan jarak jauh horizontal. Ini benar-benar kejutan," kata Simon Thorrold, oceanografer Woods Hole Oceanographic Institution.

Transmisi tag mencatat pola gerakan 15 Pari Kotak (Mobula tarapacana) di Atlantik Utara selama tahun 2011 dan 2012. Tag mengukur suhu, kedalaman dan tingkat cahaya. Pari Kotak rutin turun dengan kecepatan 6 meter per detik, kedalaman 2.000 meter dan suhu kurang dari 4 derajat Celsius.

Penyelaman umumnya mengikuti 2 pola berbeda. Turun di kedalaman maksimum diikuti lebih lambat bertahap ke permukaan dengan total waktu 60-90 menit. Box Ray hanya membuat 1 kali penyelaman selama periode 24 jam. Pada pola penyelaman kedua, mereka turun dan kemudian tetap di kedalaman 1.000 meter selama 11 jam.

Laporan sebelumnya menemukan beberapa spesies memiliki adaptasi fisiologis pembuluh darah di sekitar rongga tengkorak yang pada dasarnya berfungsi sebagai sistem pertukaran panas. Hipotesis bahwa Pari Kotak harus menggunakan cara ini.

"Mereka selalu terlihat di air hangat permukaan. Setelah kami lihat data, tentu saja mereka harus memiliki sistem ini. Kadang-kadang turun menyelam selama 2-3 jam dalam air dengan suhu 2-3 derajat Celcius," kata Thorrold.
Extreme diving behaviour in devil rays links surface waters and the deep ocean

Simon R. Thorrold1 et al.
  1. Department of Biology, Woods Hole Oceanographic Institution, Woods Hole, Massachusetts 02543, USA
Nature Communications, 01 July 2014

Akses : DOI:10.1038/ncomms5274

Gambar: Jorge Fontes/Institute of Marine Research/Laboratory of Robotics and Systems in Engineering and Science

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.