Skip to main content

Senyawa Fosil Feses Homo neanderthalensis Diet Tanaman

LaporanPenelitian.com - Kotoran Homo neanderthalensis mengungkap mereka juga makan sayuran. Para peneliti menggali situs arkeologi di selatan Spanyol mendapat feses nyata Neanderthal bahwa diet klasik caveman untuk karnivora juga porsi besar sayuran.

Saudara sepupu kekar punah yang pernah hidup sekitar 230.000 sampai 30.000 tahun lalu telah lama digambarkan sebagai karnivora murni di puncak rantai makanan yang sebagian besar makan daging untuk bahan bakar metabolisme bertahan hidup di iklim dingin Eropa dan Asia Utara.

Tulang dan alat-alat berburu serta karbon, nitrogen dan materi kimia lainnya di gigi Neanderthal mengungkap diet daging. Tapi laporan lain dalam plak gigi menunjukkan Neanderthal di Irak dan Belgia makan rumput, umbi-umbian dan tanaman lainnya.

Sekarang, di situs El Salt di Alicante, Spanyol, peneliti mengumpulkan kotoran membatu dalam sedimen berdating 40.000 hingga 60.000 tahun lalu. Biomarker mendeteksi produk sampingan 5 beta-stigmastanol dan 5 beta-epistigmastanol yang dibuat bakteri dalam usus sebagai lipid tanaman.

"Kami yakin senyawa ini berasal dari diet karena tidak mungkin bagi manusia untuk memmbuatnya," kata Ainara Sistiaga, geografer University of La Laguna di Tenerife, Spain.

Fitur mikroskopis sampel feses berdating 50.000 tahun juga berisi sisa-sisa telur parasit yang diketahui terjadi pada manusia. Laporan baru menantang citra Neanderthal sebagai karnivora bertobat dan teori bahwa konsumsi daging tinggi mungkin berkontribusi terhadap kepunahan mereka.
The Neanderthal Meal: A New Perspective Using Faecal Biomarkers

Ainara Sistiaga1,2,3 et al.
  1. Department of Geography and History, University of La Laguna, Tenerife, Spain
  2. Department of Earth, Atmospheric and Planetary Sciences, Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, Massachusetts, United States of America
  3. Instituto Universitario de Bio-Orgánica Antonio González, La Laguna, Tenerife, Spain
PLoS ONE, June 25, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0101045

Gambar: Bertila Galván

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.