Skip to main content

Tim BICEP2 Klarifikasi Debu Gelombang Gravitasi

www.LaporanPenelitian.com - Tim gelombang gravitasi mengakui temuannya kontroversial, para astronom mempublikasikan hasil klarifikasi dengan meyertakan catatan atas laporan bulan Maret lalu ketika mereka memiliki bukti gelombang berasal dari Big Bang.

Tim penemu sidik jari gelombang gravitasi bersikap lebih hati-hati setelah proses peer-review. Kolaborasi BICEP2 di Kutub Selatan melihat sepetak microwave langit sebagai efek latar debu galaksi Bima Sakti untuk menjelaskan fraksi perkiraan sebelumnya yang tampaknya menjadi sinyal premature.

Selain itu dalam sebuah konferensi kosmologi di Moskow berdasarkan pengamatan satelit ESA Planck menambah bukti baru bahwa laporan BICEP2 yang salah satunya anggotanya John Kovac, astronom Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Massachusetts, berpotensi meraih Nobel, mungkin sepenuhnya efek perancu debu.

Menurut teori, pertama kali diusulkan tahun 1980, alam semesta dimulai dengan periode singkat namun luar biasa ekspansif disebut inflasi yang menghasilkan gelombang gravitasi, memberi twist halus polarisasi cosmic microwave background (CMB) yang berisi radiasi sisa-sisa Big Bang.

Sebagian besar model yang digunakan Kovac dan rekan tidak termasuk informasi dari Planck yang telah melakukan scan microwave langit tahun 2009 hingga 2013. Tim BICEP2 tidak menggunakan salah satu model data Planck, tapi menyarankan berdasarkan penyalahartian informasi dengan analisis account semua sinyal tersebut.

Tim BICEP2 mengecualikan model analisis lain karena ketidakpastian. Tapi model yang digunakan tim BICEP2 juga sangat tidak pasti dan berdasarkan perkiraan debu lebih tua yang tidak mungkin benar. Gelombang gravitasi penjelasan paling mungkin, namun dengan beberapa pengecualian.
P. A. R. Ade et al. (BICEP2 Collaboration). Detection of B-Mode Polarization at Degree Angular Scales by BICEP2. Physical Review Letters, 19 June 2014, DOI:PhysRevLett.112.241101

Raphael Flauger, J. Colin Hill, David N. Spergel. Toward an Understanding of Foreground Emission in the BICEP2 Region. arXiv:1405.7351 (Submitted on 28 May 2014)

Michael J. Mortonson, Uroš Seljak. A joint analysis of Planck and BICEP2 B modes including dust polarization uncertainty. arXiv:1405.5857 (Submitted on 22 May 2014)

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.