Skip to main content

Neanderthal Awal, Gigi Lebih Dulu Sebelum Otak Besar

Laporan Penelitian - Tengkorak pemburu-pengumpul Homo neanderthalensis menulis silsilah leluhur buruh tani, fosil harta karun dalam nuansa pohon keluarga hominid. Tengkorak dari gua terpencil di Spanyol memiliki fitur Neandertal dan non-Neandertal.

Spesies Homo neanderthalensis menjalani periode panjang tahapan evolusioner dimulai sebelum muncul penuh sekitar 200.000 tahun lalu. Teknik dating baterai bahwa 17 tengkorak, 7 di antaranya dianalisis untuk pertama kalinya, berusia 430.000 tahun.

Munculnya Neanderthal sama misteriusnya dengan kelenyapan mereka sekitar 30.000 tahun lalu. Tengkorak dari lubang pemakaman menawarkan sekilas evolusi awal dari pemburu-pengumpul bertubuh besar yang mendominasi Eropa jauh sebelum Homo sapiens tiba.

Fosil-fosil tampaknya mengkonfirmasi bahwa fitur-fitur wajah khas mereka berevolusi secara bertahap. Sima de los Huesos salah satu situs fosil manusia terkaya di dunia sejak tulang pertama kali ditemukan di sana pada tahun 1970, antropolog memurnikan sekitar 28 individu di lubang sedalam 13 meter.

Evolusi gigi lebih dahulu sebelum otak besar. Gigi khas aspek-aspek unik pertama anatomi untuk berkembang. Neanderthal awal mungkin menggunakan gigi sebagai tangan ketiga, mencengkeram benda-benda yang kemudian dipotong dengan alat ketika datang pertama dan mendominasi laskep Eropa.

"Tidak ada indikasi spesialisasi makanan Neanderthal dan nenek moyang mereka. Mereka pada dasarnya karnivora," kata Juan Luis Arsuaga Ferreras, antropolog UCM-ISCIII Joint Centre for Research into Human Evolution and Behaviour di Madrid.

"Kami menduga bahwa mereka memegang sepotong besar daging dengan gigi depan dan memotong menjadi potongan-potongan yang lebih kecil," kata Ferreras.

Karakteristik terkait dengan manusia primitif lainnya bahwa evolusi lebih kompleks dari perkirakan sebelumnya. Campuran karakteristik juga membuka perdebatan mengenai apakah fosil menandai spesies baru, meskipun para peneliti mundur dan membuat klaim baru.

Ftur kunci seperti punggungan alis menonjol, rahang khas dan pola katup pada gigi, namun ukuran tengkorak bervariasi. Bukti untuk salah satu teori bahwa Neanderthal berevolusi dengan cara sedikit demi sedikit, setelah leluhur mereka dan H. sapiens meninggalkan Afrika lebih dari 500 tahun lalu.
J. L. Arsuaga (Centro Mixto UCM-ISCIII de Evolución y Comportamiento Humanos, Madrid, Spain; Departamento de Paleontología, Facultad Ciencias Geológicas, Universidad Complutense de Madrid, Spain) et al. Neandertal roots: Cranial and chronological evidence from Sima de los Huesos. Science, 20 June 2014: Vol. 344 no. 6190 pp. 1358-1363, DOI:10.1126/science.1253958
Gambar: Javier Trueba/Madrid Scientific Films

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.