Skip to main content

Tool Pemburu Metana Untuk Sidik Jari Kehidupan Alien

LaporanPenelitian.com - Metode baru deteksi metana untuk berburu kehidupan alien, sebuah alat baru yang lebih powerful membantu mendeteksi sidik jari kimia kehidupan alien di planet ekstrasurya. Model yang lebih lengkap dan para peneliti tak lagi meremehkan tingkat metana sebuah planet.

Analisis penyerapan cahaya dengan spektrum warna berbeda oleh atmosfer dan membandingkannya dengan model untuk mengidentifikasi molekul yang berbeda termasuk metana panas pada suhu di atas ambang Bumi hingga 1.500 K atau 1.220 derajat Celsius.

"Spektrum yang komprehensif telah kita buat hanya mungkin menggunakan superkomputer modern untuk miliaran lines yang dibutuhkan dalam pemodelan," kata Sergei Yurchenko, astrofisikawan University College London.

"Kami membuat ambang batas suhu sampai 1.500 K, sehingga penelitian lebih lanjut bisa dilakukan untuk memperluas model suhu lebih tinggi lagi. Perhitungan kami memerlukan 3 juta jam CPU saja, pemrosesan melalui DiRAC project," kata Yurchenko.

Teknologi baru melampaui model-model spektrometri yang dibangun sebelumnya. Para peneliti masa depan bisa menggunakannya untuk menyelidiki potensi kehidupan obyek-obyek astronomi baru yang cenderung diremehkan dan lebih bersemangat.

"Model kami mengantisipasi studi masa depan yang berpotensi membantu para ilmuwan mengidentifikasi tanda-tanda kehidupan di luar Bumi," kata Jonathan Tennyson, astrofisikawan University College London.
Spectrum of hot methane in astronomical objects using a comprehensive computed line list

Sergei N. Yurchenko1, Jonathan Tennyson1, Jeremy Bailey2, Morgan D. J. Hollis1, and Giovanna Tinetti1
  1. Department of Physics and Astronomy, University College London, London WC1E 6BT, United Kingdom; and
  2. School of Physics, University of New South Wales, Sydney, NSW 2052, Australia
Proceedings of the National Academy of Sciences, June 16, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1324219111

Gambar: ESA

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.