Skip to main content

Ulat Pemakan Banyak Tanaman Lebih Rentan Dimakan Burung

Laporan Penelitian - Ulat yang makan beberapa jenis tanaman lebih mungkin dimakan burung lapar. Novel evolusi klasik bahwa ulat yang memakan hanya satu atau dua spesies tanaman lebih mampu bersembunyi dari burung pemangsa dibanding ulat yang mengkonsumsi berbagai macam tanaman.

Pola warna dan perilaku "ulat spesialis" adalah senjata evolusioner lebih efektif untuk berbaur dengan flora latar belakang daripada ulat yang memakan banyak spesies tanaman berbeda. Bergerak di antara jenis tanaman beragam, "ulat non-spesialis" tidak mampu menyamar dengan baik terhadap predator.

"Ini contoh klasik risiko vs hadiah. Evolusi berbicara, ulat harus memilih antara luas tanaman tapi menghadapi peningkatan risiko atau memiliki menu sangat terbatas tapi lebih aman dari predator," kata Kailen Mooney, ekolog University of California di Irvine.

Banyak hal untuk tanaman. Sebuah wawasan ke dalam kehidupan rahasia ulat dalam mengungkap tidak hanya proses mendorong evolusi diet serangga, tetapi juga makna luas fitur warna, kamuflase, sistem predasi untuk tanaman terkait dan burung.
Herbivore diet breadth mediates the cascading effects of carnivores in food webs

Michael S. Singer1 et al.
  1. Department of Biology, Wesleyan University, Middletown, CT 06459
Proceedings of the National Academy of Sciences, June 16, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1401949111

Gambar: Michael Singer/Wesleyan University

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.