Skip to main content

Megamastax amblyodus Melumat Dunyu longiforus

Laporan Penelitian - Ikan predator pertama memangsa hancur lapis baja di rahang, vertebrata terbesar pra-Devonian ikan tertua Megamastax amblyodus top predator puncak berkeliaran di lautan 423 juta tahun lalu atau 25 juta tahun sebelum leluhur menggeliat ke daratan.

Tambahan bobot teori hewan dengan tulang punggung dan rahang pertama kali berevolusi di China selatan dan membalikkan teori-teori tentang kapan oksigen di atmosfer pertama mencapai tingkat modern yang memungkinkan ikan untuk tumbuh besar.

Novel fosil 3 ikan Megamastax amblyodus panjang 1 meter yang terawetkan di Propinsi Yunnan menjelaskan rahang bawah dan atas dengan panjang 16 sentimeter, gigi tajam di depan untuk mengunci mangsa licin Dunyu longiforus dan gigi datar tumpul di belakang untuk menumbuk cangkang keras.

"Dengan ukuran ramping saja, bisa makan apa saja yang diinginkan, meskipun giginya menyarankan preferensi memangsa bercangkang keras," kata Brian Choo, biolog Chinese Academy of Sciences di Beijing.

Megamastax mengunyah apapun dari moluska, trilobita dan ikan lapis baja placoderma. Petunjuk baru fajar vertebrata berahang antara 420-360 juta tahun lalu dan menyebar dengan bukti-bukti fosil muncul di Australia dan Antartika kemudian Amerika dan Eropa.

"Ini deskripsi yang lebih jauh ke belakang dalam waktu." kata Choo.

Dukungan teori Out of China bahwa tiba-tiba hal-hal besar kembali di tahap awal evolusi. Tahun lalu, tim yang sama menemukan ikan bergigi Entelognathus primordialis 20 sentimeter dari waktu dan lokasi yang sama. Megamastax berukuran 3 kali bahwa atmosfer Bumi pasti sudah kaya oksigen.

"Jelas ada sejarah awal vertebrata berahang yang meluas lebih jauh dalam waktu. Ketika Anda kehilangan oksigen di dalam air, bahkan hari ini, ikan harus mati. Dan tubuh besar membutuhkan lebih banyak oksigen," kata Choo.

Ada 2 teori ketika oksigen mencapai tingkat modern. Analisis karbon dan sulfur sedimen kuno menyarankan 420 juta tahun lalu. Tapi bukti lain menunjukkan kadar oksigen rendah sampai sekitar 400 juta tahun lalu. Eksistensi Megamastax mengiring dating lebih awal.
The largest Silurian vertebrate and its palaeoecological implications

Brian Choo1,2 et al.
  1. Key Laboratory of Vertebrate Evolution and Human Origins of Chinese Academy of Sciences, Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology, Chinese Academy of SciencesPO Box 643, Beijing 100044, China
  2. School of Biological Sciences, Flinders University, GPO Box 2100, Adelaide 5001, South Australia
Scientific Reports, 12 June 2014

Akses : DOI:10.1038/srep05242

Gambar: Brian Choo et al., DOI:10.1038/srep05242

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.