Skip to main content

Oksida Besi Langka Keramik Mangkuk Jian

www.LaporanPenelitian.com - Jenis besi oksida sangat langka ditemukan di tembikar China kuno. Terkadang mempelajari teknologi masa lalu mengarah kepada penemuan luar biasa yang dapat membantu merancang material yang lebih baik untuk masa depan.

Tembikar terampil Dinasti Song (960-1279 M) di Provinsi Fujian menghasilkan beberapa barang-barang paling indah. Mangkuk Jian terkenal dengan glasir hitam mengkilat yang menunjukkan sangat kaya variabel pola permukaan coklat atau keperakan.

Begitu berharga bahwa 3 dari 4 mangkuk Jian dibawa ke Jepang oleh biarawan Buddha pada abad ke-14 yang ditetapkan sebagai harta nasional Rising Sun Archipelago di mana mereka menyebutnya dengan 'Yohen Tenmoku'.

Keramik Jian diproduksi dalam oven besar disebut kiln. Suhu sangat tergantung lokasi di dalam kiln yang menjelaskan berbagai motif menajubkan dalam glasir. Garis-garis kecoklatan disebut pola 'Hare’s fur'. Lebih jarang dan bintik-bintik bulat keperakan disebut pola 'oil spot'.

Jian dibuat menggunakan tanah liat kaya zat besi dan permukaan dilapisi campuran tanah liat lokal, batu kapur dan abu kayu. Di dalam kiln, suhu mencapai 1.300 derajat Celcius, cukup untuk melelehkan lapisan yang pada akhirnya membentuk glasir.

Gelembung oksigen dalam glasir cair memindahkan ion besi ke permukaan. Kondisi glasir berubah menjadi kaca selama proses pendinginan, flux besi cair mengalir menuruni sisi-sisi keramik dan mengkristal menjadi besi oksida.

Berdasarkan warna diasumsikan oksida besi yang membentuk pola 'Hare’s fur' adalah mineral hematit, sedangkan kristal di pola 'oil spot' sebagai mineral magnetit. Namun, laporan baru menunjukkan hal ini tidak terjadi dan hasilnya sangat mencengangkan.

"Kristal harus oksida besi berdasarkan komposisi kimianya tapi data difraksi sinar-X dan Raman spektrum tidak cocok dengan mineral umum oksida besi, seperti bijih besi, maghemite atau magnetit," kata Catherine Dejoie dari ETH Zurich.

Kejutan sah fase epsilon yang sulit dipahami ketika diidentifikasi pada tahun 1934 dan struktur kristal tidak diketahui sampai tahun 1995 atau sepenuhnya baru dipahami pada tahun 2005. Teknologi senyawa begitu menarik pada tahun 2004 ketika ditemukan nilai koersivitas raksasa sekitar 20.000 Oersteds.

"Orang China kuno tanpa disadari menggunakan jalur non konvensional untuk menghasilkan fase epsilon dan memahami bagaimana melakukannya adalah kunci yang bisa membawa kita untuk terobosan aplikasi yang potensial" kata Weidong Li dari Shanghai Institute of Ceramics.
Learning from the past: Rare ε-Fe2O3 in the ancient black-glazed Jian (Tenmoku) wares

Catherine Dejoie1,2 et al.
  1. ETH Zurich, Laboratory of Crystallography, CH-8093 Zurich, Switzerland
  2. Advanced Light Source, Lawrence Berkeley National Lab, Berkeley, CA 94720, USA
Scientific Reports, 13 May 2014

Akses : DOI:10.1038/srep04941

Gambar: Weidong Li/Zhi Liu

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.