Skip to main content

Planck Memeta Medan Magnet Bima Sakti

Laporan Penelitian - Medan magnet Bima Sakti dipetakan, catatan teleskop ESA Planck mengumpulkan pantulan butir debu antar bintang. Jika Bima Sakti adalah salah satu magnet raksasa maka percikan serbuk besi di sekitarnya dapat menelusuri medan magnet galaksi.

Para ilmuwan telah menemukan cara lebih praktis untuk memeta medan magnetik menggunakan Teleskop Planck. Untuk melakukannya, Planck mengukur polarisasi cahaya microwave yang menembus ruang. Ketika cahaya terpolarisasi, medan listrik menunjuk ke arah yang sama.

Pantulan cahaya butir debu antarbintang menjadi terpolarisasi dalam arah butir selaras yang pada gilirannya dikendalikan oleh medan magnet galaksi. Peta Planck menunjukkan seluruh langit dengan band gelap melalui pusat yang mewakili bidang galaksi.

"Debu sering diabaikan tetapi berisi hal-hal dari mana planet terestrial dan bentuk kehidupan. Jadi dengan menelusuri debu, Planck membantu kita memahami sejarah kompleks Galaksi serta kehidupan di dalamnya," kata Peter Martin, astronom Canadian Institute for Theoretical Astrophysics.

Darker shading memantulkan cahaya lebih terpolarisasi dan garis menandai arah medan magnet yang dituju. Medan magnet galaksi sekitar 100 juta kali lebih lemah dari magnet yang ditempelkan di pintu kulkas, namun penting untuk pembentukan bintang.

Bidang peta juga penting untuk memahami polarisasi latar belakang gelombang mikro kosmik, kilatan cahaya yang dipancarkan 380.000 tahun pasca Big Bang yang digunakan tim BICEP2 untuk melihat gelombang gravitasi alam semesta primordial.
Planck Collaboration, Planck intermediate results. XIX. An overview of the polarized thermal emission from Galactic dust, arXiv:1405.0871 (Submitted on 5 May 2014).

Planck Collaboration, Planck intermediate results. XX. Comparison of polarized thermal emission from Galactic dust with simulations of MHD turbulence. arXiv:1405.0872 (Submitted on 5 May 2014).

Planck Collaboration, Planck intermediate results. XXI. Comparison of polarized thermal emission from Galactic dust at 353 GHz with optical interstellar polarization. arXiv:1405.0873 (Submitted on 5 May 2014).

Planck Collaboration. Planck intermediate results. XXII. Frequency dependence of thermal emission from Galactic dust in intensity and polarization. arXiv:1405.0874 (last revised 6 May 2014).
Gambar: ESA/Planck Collaboration

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.