Skip to main content

LogAnalysis Lacak Struktur Organisasi Kriminal

www.LaporanPenelitian.com - Jaringan geng kriminal dipeta melalui metadata telepon. Polisi mencari otak jaringan kriminal yang bertanggung jawab atas perampokan, korupsi, perdagangan narkoba dan terorisme, ada beberapa petunjuk, tapi ingin tahu siapa lagi tersangka yang bekerja sama.

Di dalam organisasi kejahatan, para kroco mengirimkan banyak panggilan dan teks pada saat kejahatan terjadi. Bos dan mereka yang menduduki posisi lebih tinggi cenderung tidak terlalu banyak bicara, meskipun akan mengambil satu posisi tepat setelah kejahatan telah dilakukan.

LogAnalysis, software menggunakan metadata dari beberapa ponsel tersangka, untuk memeta hubungan di antara para penjahat dengan cara menghubungkan informasi dari beberapa orang. Polisi bisa mencari tahu siapa yang terlibat, siapa yang ikut bekerjasama dan bahkan apa peran yang telah dimainkan.

"Alat ini memungkinkan kita untuk memahami tidak hanya bagaimana orang saling berhubungan, tetapi juga apa peran di tempat kerja," kata Emilio Ferrara dari Indiana University di Bloomington.

Proses dimulai setelah polisi mengidentifikasi tersangka dan mengeluarkan surat perintah pelacakan telepon. Setelah diberikan, Ferrara memasang informasi ke perangkat lunak. Data satu orang sudah cukup untuk membangun peta organisasi. Algoritma statistik memilah siapa saja yang bekerjasama dan siapa yang bertanggung jawab.

LogAnalysis memiliki kemiripan dengan standar metode yang gunakan oleh US National Security Agency (NSA) dalam menyisir tonase data telepon, tapi Ferrara menekankan bahwa program yang dibangunnya memiliki wilayah fokus yang lebih sempit.

"Sistem kami bekerja pada skala kecil, fokus pada analisis dari lingkaran kecil di sekitar tersangka," kata Ferrara.

IBM telah mengembangkan program disebut Notebook Analyst yang sit-up data pribadi dari ponsel, internet dan database untuk membantu penyelidikan polisi di seluruh dunia. Suatu hari nanti polisi mampu meramal perampokan atau mengidentifikasi orang yang memiliki kecenderungan melakukan kejahatan.
Detecting criminal organizations in mobile phone networks

Emilio Ferrara, Pasquale De Meo, Salvatore Catanese, Giacomo Fiumara

arXiv (Submitted on 3 Apr 2014)

Akses : arXiv:1404.1295

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.