Skip to main content

Simpanse Pan troglodytes dan Tempat Tidur Ulin

LaporanPenelitian.com - Salah satu ciri umum kera bahwa kita tidur di tempat tidur dan bermimpi. Tapi bagi kera selain manusia berarti membangun platform tidur atau sarang setiap malam. Kera muda belajar keterampilan dari ibu dan mulai membuat sarang sendiri setelah disapih.

Konstruksi harian sarang adalah perilaku universal hominoid berbadan besar. Di antara simpanse Pan troglodytes, sebagian besar populasi pilih jenis pohon tertentu untuk tidur lebih sering daripada yang lain, tetapi alasan untuk memilih pohon tertentu masih tidak jelas.

David Samson, antropolog University of Nevada, dan rekan mengukur karakteristik fisik kayu dari jenis pohon yang umum di Toro Semliki Wildlife Reserve, Uganda. Mengukur kekakuan dan kelenturan 326 kayu dari tujuh jenis pohon yang paling sering digunakan simpanse.

Jenis pohon di hutan Uganda sangat berlimpah. Dari 1.844 sampel sarang, simpanse memilih kayu Ulin Uganda (Cynometra alexandri) untuk 73,6 persen sarang, meskipun jenis ini hanya mewakili 9,6 persen dari semua pohon di dalam plot sampel.

Ulin Uganda juga dikenal sebagai Muhimbi, kayu paling berat, memiliki kekuatan lentur dan luas permukaan daun terkecil. Simpanse memilih karena dapat memberi perlindungan dari predator dan patogen serta memberi pengaturan suhu dan kenyamanan.

"Seperti manusia, sangat selektif ketika datang ke tempat tidur. Kera adalah sesuatu yang inheren tentang tempat tidur yang nyaman sampai ke jenis kayu yang Anda gunakan," kata Samson.

"Simpanse memilih jenis pohon yang memiliki sifat fisik yang menghasilkan sarang yang kokoh dan tangguh , mengoptimalkan kenyamanan dan mengurangi risiko jatuh," kata Samson.
Chimpanzees Preferentially Select Sleeping Platform Construction Tree Species with Biomechanical Properties that Yield Stable, Firm, but Compliant Nests

David R. Samson1, Kevin D. Hunt 2
  1. Department of Anthropology, University of Nevada, Las Vegas, Las Vegas, Nevada, United States of America
  2. Department of Anthropology, Indiana University, Bloomington, Indiana, United States of America
PLoS ONE, April 16, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0095361
Gambar: Indiana University

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.