Skip to main content

Monyet Diet Rendah Kalori Hidup Lebih Lama

LaporanPenelitian.com - Monyet yang terpotong kalori hidup lebih lama, eksperimen jangka panjang membuka kembali perdebatan manfaat diet pengurangan asupan. Monyet rhesus dengan diet sedikit kalori hidup lebih lama dibanding mereka yang makan sebanyak yang mereka inginkan.

Laporan baru menambah benang merah bagaimana pembatasan diet memperpanjang hidup pada berbagai spesies, tetapi menjadi perdebatan yang sulit apakah penelitian ini berlaku untuk hewan yang terkait erat dengan manusia dan bola api di antara dua tim.

Eksperimen yang sudah berjalan sejak tahun 1989 oleh Wisconsin National Primate Research Center di Madison membiarkan 38 rhesus (Macaca mulatta) makan apapun yang mereka inginkan hampir 2 kali lebih mungkin meninggal pada usia berapa pun dibanding 38 rhesus yang asupan kalori dipotong 30 persen.

Laporan tim yang sama pada tahun 2009 bahwa monyet dengan kalori terbatas lebih sedikit mati karena penyebab yang berkaitan dengan usia dibanding monyet kontrol, tetapi memiliki tingkat kematian yang sama secara keseluruhan di segala umur.

"Kami berangkat untuk menguji hipotesis. Dan saya pikir kita menunjukkan hal itu," kata Rozalyn Anderson, biokimiawan University of Wisconsin.

Diet rendah kalori memperpanjang hidup tikus yang mengarah pada spekulasi bahwa pola serupa tersebut memicu jalur biokimia yang mempromosikan kelangsungan hidup. Tapi pola faal dan apakah manusia juga memilikinya telah menjadi bahan perdebatan panas.

Pada tahun 2012 tim US National Institute on Aging (NIA) di Bethesda, Maryland, melaporkan hasil ekesperimen nihil bahwa monyet pada diet rendah kalori tidak hidup lebih lama dibanding mereka yang makan lebih banyak makanan.

"Apakah kita melihat manfaat kesehatan? Ya, tapi saya tidak tahu bahwa kita harus melihat manfaat kelangsungan hidup. Efek pembatasan kalori pada kelangsungan hidup sangat tergantung pada genetika, lingkungan dan berat badan," kata Julie Mattison dari NIA.
Caloric restriction reduces age-related and all-cause mortality in rhesus monkeys

Ricki J. Colman1 et al.
  1. Wisconsin National Primate Research Center, University of Wisconsin, Madison, Wisconsin 53715, USA
Nature Communications, 01 April 2014

Akses : DOI:10.1038/ncomms4557

Gambar: Jeff Miller/University of Wisconsin

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.