Skip to main content

Silsilah Raja Rimba Panthera leo dan persica

LaporanPenelitian.com - Sekitar 10 juta tahun lalu adalah awal misteri kucing besar, tapi sekitar 124.000 tahun lalu, di akhir Pleistosen, subspesies berbeda mulai berevolusi. Sekitar waktu itu hutan hujan tropis meluas di seluruh khatulistiwa Afrika dan wilayah Sahara berubah jadi savana.

Panthera leo yang tinggal di selatan dan timur benua terpisah dan menyimpang dari rekan di bagian barat dan utara. Waktu terus berlalu. Sekitar 51.000 tahun lalu, benua kering dan Sahara semakin jauh, memotong singa di barat dengan di utara.

Pada saat yang sama singa di barat memperluas jangkauan ke Afrika Tengah. Sejak itu sungai besar di Afrika termasuk sungai Nil dan Niger membuat mereka terpisah. Detail lain hanya diungkap oleh DNA purba dalam spesimen bahwa Raja Rimba punah atau Barbary lion (Panthera leo leo) mulai eksodus keluar dari Afrika 21.000 tahun lalu.

Pada akhir Pleistosen, singa meninggalkan Afrika Utara dan akhirnya sejauh India. Banyak kelompok yang lain sekitar 5.000 tahun lalu yaitu Singa Asia (Panthera leo persica) meninggalkan benua, mencapai apa yang sekarang Iran. Hari ini kurang dari 400 Panthera leo persica yang membanggakan bertahan hidup di Kathiawar Semenanjung India.

"Populasi singa di Afrika Barat dan Afrika Tengah yang telah menurun secara drastis selama beberapa dekade terakhir sebenarnya lebih terkait erat dengan singa India daripada singa Somalia atau Botswana," kata Ross Barnett, arkeolog Durham University.

Singa Barbary paling misterius dari semua predator besar, baik karena penampilan mengesankan dan ketidakpastian atas nasibnya. Fisik sangat khas dengan surai luas dan perbedaan bentuk kepalanya termasuk mahkota lebih runcing dan moncong sempit.

Bukti menyarankan beberapa kemungkinan bertahan di penangkaran sebagai bagian dari koleksi yang dimiliki oleh keluarga kerajaan Maroko. Tapi penelitian sebelumnya menunjukkan tidak benar-benar Panthera leo leo. Sekitar sepertiga singa Afrika diperkirakan menghilang dalam 20 tahun terakhir.

"Jika Anda berpikir keanekaragaman singa sebagai 2 cabang berbeda maka singa di Afrika Timur dan Selatan hanya mencerminkan setengah keragaman total," kata Barnett.

"Sisi lain diwakili keragaman di India, Afrika Barat dan Afrika Tengah. Jika populasi di Afrika Barat dan Tengah menyelinap pergi, bahwa seluruh cabang hanya akan bertahan dalam populasi kecil singa India kecil," kata Barnett.
Revealing the maternal demographic history of Panthera leo using ancient DNA and a spatially explicit genealogical analysis

Ross Barnett1,2 et al.
  1. Durham Evolution and Ancient DNA, Department of Archaeology, Durham University, Durham DH1 3LE, UK
  2. Current Address: Centre for GeoGenetics, København Universitet, The Natural History Museum Øster Voldgade, Copenhagen 5-7 DK-1350, Denmark
BMC Evolutionary Biology, 2 April 2014

Akses : DOI:10.1186/1471-2148-14-70

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.