Skip to main content

Scuba di Lautan Bawah Permukaan Enceladus

www.LaporanPenelitian.com - Laut bawah permukaan tersembunyi di lapisan es bulan Saturnus, peta gravitasi Enceladus mengungkap laut air cair di bawah kutub selatan. Penyelam scuba harus perhatikan bahwa samudra bawah tanah menunggumu di bulan Saturnus.

Untuk pertama kalinya para astronom mengukur kedalaman dan luas laut di bawah permukaan bulan Enceladus yang tertutup es. Temuan menopang hipotesis bahwa reservoir bawah tanah pengumpan es geyser dan kelayakhunian Enceladus.

Untuk waktu yang lama, para astronom berpikir Enceladus selebar 500 kilometer tidak berubah, dunia mati. Tapi wahana Cassini yang tiba pada tahun 2004 menemukan bulan aktif. Geyser memancar partikel es asin melalui celah interior di belahan selatan.

Sekarang Luciano Iess, insinyur aerospace di Sapienza University of Rome, dan rekan melihat Doppler bergeser di Bumi yang terikat sinyal radio Cassini selama 3 flybys. Pergeseran Doppler dengan perubahan kecil dalam frekuensi gelombang radio melacak kecepatan Cassini.

Setiap kali Cassini melewati bagian-bagian bulan dengan sedikit lebih massal, peningkatan gravitasi mempercepat probe. Iess dan rekan menggunakan perubahan kecepatan Cassini untuk memeta struktur interior Enceladus.

Laut sedalam 10 kilometer harus duduk di bawah 30-40 kilometer es dan di atas core Enceladus, membentang dari kutub selatan ke lintang tengah. Laut memiliki volume air yang sama dengan Danau Superior. Ini adalah bagian utama dari cahaya teka-teki.

"Saya justru terkejut jika kita tidak menemukan laut," kata Iess.

Satu hal yang belum jelas bagaimana laut mengumpan es geyser puluhan kilometer di atasnya. Harus ada sistem pipa ke atas. Data gravitasi baru muncul untuk salah satu penjelasan bagaimana interior Bulan menghasilkan panas, goyangan pelan disebabkan oleh gravitasi Saturnus.

Terlepas dari bagaimana interior tetap hangat, Iess mengatakan beberapa kimia mungkin membawa air laut memenuhi batuan dan setiap perdebatan interior bulan yang bercampur dengan laut asin pasti mengarah pada renungan kemungkinan kehidupan.

Meskipun tidak ada bukti alien berenang di lautan Enceladus, kehadiran dunia hangat di lingkungan asin menimbulkan kemungkinan menarik. Untuk waktu dekat ide-ide tetap teoritis. Cassini direncanakan hanya menyisakan 2 flybys ke Enceladus.

"Kami pada dasarnya sudah selesai dengan Enceladus. Sayangnya itu menjadi waktu yang lama sebelum kita kembali ke bulan yang sangat menarik," kata Iess.
L. Iess (Dipartimento di Ingegneria Meccanica e Aerospaziale, Sapienza Università di Roma, via Eudossiana 18, 00184 Rome, Italy) et al. The Gravity Field and Interior Structure of Enceladus. Science, 4 April 2014, DOI:10.1126/science.1250551
Gambar 1: NASA/ESA/Cassini; Gambar 2: Newscientist

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.