Skip to main content

Fotogrametri Sejarah Jejak Kaki Dinosaurus

LaporanPenelitian.com - Digitalisasi 3D jejak kaki dino jenis T. rex mengejar Apatosaurus cara untuk memverifikasi peta trek 70 tahun lalu. Rekonstruksi digital dari foto menunjukkan bagaimana paleontolog, geolog atau arkeolog tetap dapat mempelajari situs yang telah hancur.

Video sekilas jejak kaki dinosaurus ikonik dalam trek kuno ketika makhluk bipedal theropoda dan berkaki empat sauropod berderap di Texas sekitar 120 juta hingga 110 juta tahun lalu dan terawetkan dalam lumpur yang mengeras menjadi batu kapur.

Pada tahun 1940 pemburu fosil legendaris Roland T. Bird memotong keluar lebih dari 9 meter fragmen dari peraduan Sungai Paluxy. Bird mengirim salah satu bagian batu ke American Museum of Natural History di New York City dan lainnya ke Texas Memorial Museum di Austin.

Sekarang, Peter Falkingham, paleontolog Royal Veterinary College di London, dan rekan menggunakan 17 foto-foto lama Bird untuk merekonstruksi trek tampak seperti apa adanya. Pertama kalinya penggunaan foto-foto sejarah spesimen yang tidak ada lagi atau setidaknya tidak ada lagi dalam bentuk aslinya.

Falkingham menggunakan fotogrametri, teknik pemetaan titik-titik yang sesuai pada beberapa gambar untuk membangun representasi 3D suatu benda. Metode ini lebih murah dan lebih cepat daripada menggunakan scanner laser untuk membangun kembali lanskap.




Historical Photogrammetry: Bird's Paluxy River Dinosaur Chase Sequence Digitally Reconstructed as It Was prior to Excavation 70 Years Ago

Peter L. Falkingham1,2 et al.
  1. Structure and Motion Laboratory, Department of Comparative Biomedical Sciences, Royal Veterinary College, London, United Kingdom
  2. Department of Ecology and Evolutionary Biology, Brown University, Providence, Rhode Island, United States of America
PLoS ONE, April 2, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0093247

Gambar dan video: Peter L. Falkingham et al., DOI:10.1371/journal.pone.0093247

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.