Skip to main content

Eksperimen ASACUSA Menjaring Anti-hidrogen

LaporanPenelitian.com - Tim fisikawan Atomic Spectroscopy and Collisions Using Slow Antiprotons (ASACUSA) di CERN membuat atom anti-hidrogen, proyek anti-proton lambat untuk pertama kalinya berhasil memproduksi kilatan atom anti-hidrogen.

Kolaborator instrumen ASACUSA melaporkan deteksi ambigu 80 atom anti-hidrogen di 2,7 meter hilir produksi di mana pengaruh perturbing medan magnet pada awalnya untuk menghasilkan anti-atom kecil. Langkah signifikan menuju spektroskopi hyperfine tepat atom anti-hidrogen.

Secara teoritis alam semesta terbuat dari anti-materi dan ketiadaan tetap menjadi teka-teki. Tapi para ilmuwan berupaya memproduksi sejumlah besar anti-hidrogen dalam eksperimen laboratorium dengan mencampur energi rendah anti-elektron (positron) dan anti-proton menggunakan deselator anti-proton.

Rumus spektrum hidrogen dan anti-hidrogen identik sehingga setiap perbedaan kecil dapat segera membuka jendela fisika baru dan membantu memecahkan misteri anti-materi. Hidrogen memiliki proton tunggal disertai hanya 1 elektron dengan demikian memiliki struktur atom paling sederhana.

Materi dan anti-materi saling memusnahkan segera ketika bertumbukan, salah satu tantangan utama bagi fisikawan adalah menjaga anti-atom lebih dari materi biasa. Eksperimen mengambil keuntungan sifat magnetik anti-hidrogen dan menggunakan kesenjangan medan magnet.

Namun, gradien medan magnet kuat menurunkan sifat spektroskopi atom. Tim ASACUSA harus membangun spektroskopi resolusi tinggi dengan mengembangkan set-up inovatif untuk mentransfer atom anti-hidrogen ke area di mana aliran kilatan cahaya dapat direkam.

"Atom antihidrogen tidak memiliki biaya, ini tantangan besar ketika mengangkut mereka dalam perangkap. Pengamatan kami menjanjikan presisi tinggi atom anti-hidrogen terutama struktur hyperfine," kata Yasunori Yamazaki, kolaborator ASACUSA dari RIKEN di Jepang.

"Pengukuran anti-hidrogen memungkinkan tes paling sensitif simetri materi/anti-materi. Kami sangat menantikan untuk restart musim panas ini dengan lebih meningkatkan set -up," kata Yamazaki.

Eksperimen ALPHA pada tahun 2010 melaporkan perangkap atom anti-hidrogen dan pada tahun 2011 menahan selama 1000 detik. Pada 2013 eksperimen ATRAP melaporkan momen magnetik antiproton dengan presisi 4,4 bagian dalam 1 juta.
A source of antihydrogen for in-flight hyperfine spectroscopy

N. Kuroda1 et al.
  1. Institute of Physics, Graduate School of Arts and Sciences, University of Tokyo, Tokyo 153-8902, Japan
Nature Communications, 21 January 2014

Akses : DOI:10.1038/ncomms4089

Gambar: Yasunori Yamakazi via CERN

Comments

Popular

Gen Di Balik Adaptasi Warna Ngengat Selama Revolusi Industri Tahun 1800

Fitur Hidrofobik Fluorosilane Usir Air Lebih Cepat

Gen MAOA dan CDH13 Terkait Kejahatan Dengan Kekerasan

Senjata Evolusioner Ekor Ngengat Luna (Actias luna)

Paragenital dan Mimikri Seksual