Skip to main content

Siats meekerorum Top Predator Pra Tyrannosaurus rex

Penelitian - Dinosaurus pemangsa seberat 4 ton mendominasi Bumi jauh sebelum Tyrannosaurus rex marah di tempat kejadian. Siats meekerorum panjang 9 meter, predator terbesar ketiga yang pernah menduduki tampuk kepeminpinan Amerika Utara.

"Ini raksasa top predator kolosal kedua setelah Tyrannosaurus rex dan mungkin Acrocanthosaurus dalam catatan fosil di Amerika Utara," kata Lindsay Zanno, paleontolog North Carolina State University.

Siats meekerorum disebut raksasa pemakan manusia suku Indian Ute. Meskipun ukuran besar, mereka bukan kerabat dekat Tyrannosaurus rex dan tyrannosaurus lainnya. Siats meekerorum kelompok theropoda carcharodontosaurian dengan ikon Giganotosaurus Argentina.

"Kami sangat senang menemukan pertama dino jenis ini di Amerika Utara dan menambah bukti bahwa dino luas tersebar di seluruh dunia 100 juta tahun lalu," kata Peter Makovicky, geolog Field Museum of Natural History.

S. meekerorum duduk di tengah-tengah celah 30 juta tahun dalam catatan fosil dinosaurus predator besar Amerika Utara di mana peran predator puncak berpindah tangan dari carcharodontodsaurians di awal Cretaceous ke tyrannosaurus di akhir Cretaceous.


Tapi minimnya fosil meninggalkan keyakinan kapan perubahan terjadi dan jika tyrannosaurus mengkudeta diasumsikan setelah kepunahan carcharodontosaur. Batuan di Cedar Mountain Formation satu-satunya yang menghasilkan fosil kedua klan.

"Perbedaan ukuran tentu memberi kalkulasi tyrannosaurus dan meraih posisi top predator setelah carcharodontosaurs jatuh," kata Makovicky.

Sampai saat ini rifting paleontologi benua Cretaceous menyebabkan isolasi di antara fauna dinosaurus terhadap benua lain dan fauna Cretaceous awal ke Cretaceous tengah di Amerika Utara sangat terisolasi. Deskripsi berubah cepat setelah temuan seperti Siats meekerorum.

Awal bulan ini dinosaurus lain ditemukan hidup dalam rentang 120-60 juta tahun. Lythronax argestes "Raja Gore" leluhur T-rex. L. argestes 76 juta tahun terbaring di Grand Staircase Escalante National Monument (GSENM), selatan-tengah Utah, yang masih menyisakan kesenjangan besar evolusi dinosaurus.

"Kami sedang berusaha menyempurnakan seluruh ekosistem dinosaurian pada waktu itu. Siats hanya yang pertama," kata Zanno.




Lindsay E. Zanno & Peter J. Makovicky. Neovenatorid theropods are apex predators in the Late Cretaceous of North America. Nature Communications, 22 November 2013, DOI:10.1038/ncomms3827
Gambar: Jorge Gonzales (atas); Pete Makovicky, Field Musuem, ESRI (bawah)
Video: North Carolina State University

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.