Skip to main content

Regim Lythronax argestes Pra Tyrannosaurus rex

Laporan Penelitian - Regim King of gore memerintah pra T. rex. Lythronax argestes top predator Amerika Utara 80 juta tahun lalu, kerabat dekat Tyrannosaurus rex dalam batuan merah Utah selatan.

Lythronax argestes adalah tyrannosaurid, predator bipedal raksasa dengan kepala besar dan lengan kecil mirip Tyrannosaurus rex. Fosil pernah hidup 80 juta tahun lalu dan menjadi tyrannosaurid tertua karena kerangka sejenis, Teratophoneus, berdating 76 juta tahun.

Kedua makhluk membantu menunjukkan bagaimana kerabat T. rex berkembang dan mendominasi Cretaceous daratan barat Amerika Utara untuk sementara waktu sebelum T. rex merebut tampuk pemerintahan di tempat kejadian 70 juta tahun lalu.

"Ini benar-benar mundur dari harapan. Anda mengharapkan hewan paling kuno adalah paling primitif," kata Mark Loewen, paleontolog Natural History Museum of Utah.

Tim besar dipimpin Natural History Museum of Utah di Salt Lake City menemukan Lythronax tahun 2009 di Grand Staircase Escalante National Monument (GSENM). Batuan ini telah menghasilkan bonanza dinosaurus termasuk spesies dino bertanduk yang hidup berdampingan sisi by sisi.

"Ada yang menjaga mereka berbaris naik dan turun dari Alberta ke Utah," kata Loewen.

Bagaimana dan kapan tengkorak lebar muncul pada dinosaurus masih misteri. Seperti dinosaurus selatan, Lythronax dan Teratophoneus menunjukkan pola berkelompok. Naiknya permukaan air laut mungkin memotong daerah tertentu sehingga berevolusi dalam isolasi. Tapi peneliti lain tidak yakin.

"Saya skeptis argumen biogeografis karena bergantung pada bagaimana mereka menyusun pohon keluarga. Tidak jelas apakah kenaikan permukaan laut mendekte dinosaurus bergerak di sekitarnya," kata Stephen Brusatte, palaeontolog University of Edinburgh di Inggris.

Panjang 8 meter dan berat 2,5 ton, Lythronax hanya sekitar 2/3 ukuran T. rex. Tapi hampir pasti sebagai predator puncak pada masanya ketika menguntit rawa-rawa pesisir Laramidia dan memindai mangsa. Tengkorak luas dan mata cukup terpisah memberi cukup tatapan 3D mirip T-rex.




Tyrant Dinosaur Evolution Tracks the Rise and Fall of Late Cretaceous Oceans

Mark A. Loewen1 et al.
  1. Natural History Museum of Utah and Department of Geology & Geophysics, University of Utah, Salt Lake City, Utah, United States of America
PLoS ONE, November 6, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0079420

Gambar dan video: Natural History Museum of Utah

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.