Skip to main content

Pemburu-Pengumpul Eropa Menjinakkan Anjing

Laporan Penelitian - Serigala berbulu anjing, peliharaan hewan bertaring pertama di Eropa. Pemburu-pengumpul Eropa pertama kali membawa anjing sedini 32.000 tahun lalu.

Sahabat berkaki 4 mengikuti manusia di seluruh dunia dan kadang-kadang kawin dengan populasi serigala lokal. Teka-teki lama bagaimana dan kapan anjing domestik berevolusi dari serigala liar yang sulit dipecahkan.

Para ilmuwan telah bertengkar mengenai waktu dan lokasi domestikasi anjing. Fosil dari Eropa dan Siberia berdating lebih dari 30.000 tahun lalu. Analisis genetik anjing modern dan serigala menyarankan domestik muncul di Eropa, China atau Timur Tengah 10.000 hingga 30.000 tahun lalu.

Laporan sebelumnya mengusulkan petani awal yang pertama menjinakkan hewan peliharaan bertaring ketika serigala tertarik pada limbah sisa-sisa makanan di pemukiman orang-orang pertama kali hidup menetap saat fajar pertanian Eropa sekitar 7500 tahun lalu.

Sekarang Robert Wayne, ekolog University of California di Los Angeles, dan rekan, menyimpulkan sekuen DNA mitokondria yang diekstrak dari tulang 18 canids dari Eurasia, Amerika Serikat dan Argentina serta DNA 130 serigala modern dan anjing dari seluruh dunia.

Wayne membagun pohon keluarga dan mengelompokan anjing-anjing modern ke dalam 4 kelompok berbeda. Keempatnya memiliki akar Eropa, tertua antara 19.000 hingga 32.000 tahun. Kemungkinan anjing domestik pertama muncul pada waktu itu.

"Ada 21.000 gen dalam genom nuklir anjing dan masing-masing mungkin mengisahkan cerita yang sedikit berbeda," kata Wayne.

Wayne berpendapat pemburu-pengumpul pasti yang pertama menjadikan anjing sebagai teman terbaik manusia. Serigala mungkin mulai mengikuti jelajah kelompok manusia dengan mengambil keuntungan bangkai besar yang tertinggal setelah perberburuan.
O. Thalmann (Department of Biology, Section of Genetics and Physiology, University of Turku, Itäinen Pitkäkatu 4, 20014 Turku, Finland) et al. Complete Mitochondrial Genomes of Ancient Canids Suggest a European Origin of Domestic Dogs. Science 15 November 2013: Vol.342 no.6160 pp.871-874, DOI:10.1126/science.1243650
Gambar: Del Baston/University of California

Comments

Populer

DNA Memecahkan Misteri Bagaimana Mumi Terkait Satu Sama Lain

DNA memecahkan misteri bagaimana mumi-mumi terkait satu sama lain dimana sepasang mumi Mesir kuno yang dikenal lebih dari satu abad sebagai dua saudara sebenarnya adalah saudara tirinya. Kedua pria berpangkat tinggi tersebut memiliki seorang ibu, namun ayah yang berbeda.

Para arkeolog mengatakan sebuah jawaban tentang keluarga yang teredam dan terungkap berkat keberhasilan dua jenis DNA dari gigi mumi. Laporaan di Journal of Archaeological Science menyoroti pentingnya garis keturunan ibu dalam menganalisis orang-orang Mesis kuno.


Pertanyaan telah berputar-putar tentang latar belakang biologis dua mumi pria sejak ditemukan bersama di sebuah makam di dekat desa Rifeh pada tahun 1907. Makam berasal dari Dinasti ke-12 Mesir kuno antara tahun 1985 SM hingga 1773 SM. Prasasti peti mati menyebutkan seorang wanita, Khnum-Aa, sebagai ibu kedua pria tersebut.

Kedua mumi digambarkan sebagai putra gubernur lokal yang tidak disebutkan namanya. Tetap tidak jelas apakah prasasti tersebut merujuk pad…

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.

Moratorium Laut Internasional Untungkan Nelayan Pesisir

www.LaporanPenelitian.com - Larangan penangkapan ikan di laut lepas dapat meningkatkan hasil tangkapan global menjadi lebih adil.

Fosil Gua Misliya di Israel adalah Manusia Modern Tertua di Luar Afrika

Sebuah rahang mendorong keberangkatan manusia dari Afrika kembali pada waktunya dimana fosil ditemukan di gua Israel setidaknya berdating 177.000 tahun. Sebuah tulang di Israel saat manusia modern meninggalkan Afrika memberi pesan eksodus kuno dimulai lebih awal dari apa yang diteorikan selama ini.

Gua Misliya di Gunung Carmel di Israel menghasilkan rahang parsial Homo sapiens dengan perkiraan dating pada 177.000 hingga 194.000 tahun yang menunjukkan manusia modern bisa saja meninggalkan Afrika dan mencapai Timur Tengah sekitar 60.000 tahun lebih awal dari perkirakan sebelumnya.


Sampai sekarang fosil H. sapiens tertua yang diketahui di luar Afrika ditemukan di Gua Skhul dan Qafzeh di Israel berdating pada 90.000 dan 120.000 tahun, tetapi temuan baru mengisaratkan manusia meninggalkan Afrika sekitar 300.000 tahun lalu dan mencapai Timur Tengah lebih dari 200.000 tahun lalu

"Rahang Misliya memberikan bukti paling jelas nenek moyang kita pertama kali pindah dari Afrika jauh lebih aw…

Nenek Moyang Salamander Meregenerasi Anggota Badan

Penelitian ~ Nenek moyang salamander meregenerasi tungkai, fosil amfibi kuno menunjukkan tanda tangan mekanisme penggantian embel-embel sejauh era Permian.