Skip to main content

Fitur Hidrofobik Fluorosilane Usir Air Lebih Cepat

Penelitian - Tetes memantul membuat jas hujan cerdas. Para ilmuwan mengatakan telah menemukan cara membuat hujan terpental lebih cepat dari permukaan, membuka jalan bagi material baru kedap air dari pakaian hingga pesawat terbang.

Tim Boston University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) memangkas jumlah waktu setetes air kontak dengan permukaan. Fotografi kecepatan tinggi menunjukkan tetesan menyebar keluar seperti pancake karena tegangan dan kemudian memantul.

Ketika menjadi basah yang penting adalah durasi kontak, perhitungan didasarkan pada osilasi drop. Untuk meminimalkan waktu, materiolog memfokuskan upaya hidrofobik dengan zat kimia yang membuat permukaan menolak air.

Tapi laporan baru mengambil pendekatan fisik. Pegunungan kecil ditambahkan ke permukaan untuk memecah simetri gelembung droplet. Tetesan terpecah jadi kecil, bentuk yang tidak teratur membuat mundur lebih cepat dibandingkan gumpalan kempal.

"Hasilnya permukaan tetap kering lebih lama untuk berbagai aplikasi," kata James Bird, mekanikawan Boston University.

Material wafer silikon dilapisi kimia hidrofobik fluorosilane sebagai gundukan mikroskopik dimana 40 persen lebih pendek dibanding permukaan kontrol sehingga 80 persen lebih efektif mengusir air. Tekstur dapat direplikasi pada baja atau aluminium di sayap pesawat.

Tanaman nasturtium (Tropaeolum majus L.) memiliki fitur pada daunnya dan Kupu Morpho (Morpho didius) membuat tetesan air mundur asimetris. Permukaan bahkan menolak air lebih cepat pada daun teratai sebagai standar emas superhydrophobicity.




James C. Bird (Department of Mechanical Engineering, Boston University, Boston, Massachusetts 02155, USA) et al. Reducing the contact time of a bouncing drop. Nature, 20 November 2013, DOI:10.1038/nature12740
Gambar: Adam Paxson, Kyle Hounsell, Jim Bales, James Bird, Kripa Varanasi
Video: James C. Bird et al., DOI:10.1038/nature12740

Comments

  1. bagaimana cara membuat cairan tersebut dan bahan kimia apa saj yang di perlukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hipofobik gunakan trimethylsilanol untuk coating pke Pu polyurethane

      Delete

Post a Comment

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.