Skip to main content

Rasa Sentuh Tangan Prostetik Antarmuka Otak

Laporan Penelitian - Sentuhan tangan memungkinkan Anda terhubung dengan orang yang dicintai, sentuhan kaki membantu Anda berinteraksi dengan lingkungan.

Tetapi orang lumpuh atau kehilangan anggota tubuh harus menavigasi dunia yang paling mendasar tanpa input sensorik. Sliman Bensmaia, neurosaintis komputer University of Chicago Illinois, dan rekan membuat model baru transmisi rasa sentuhan ke otak yang melewati rute biasa.

Sebuah blueprint untuk membangun prosthetics yang menyampaikan sentuhan dengan cara sama dilakukan anggota tubuh alami. Bensmaia melatih monyet rhesus untuk fokus pandangan ke arah berbeda tergantung apakah jari telunjuk atau keempat jari sedang sentuh.

Mikroelektroda kemudian ditempatkan di otak daerah primary somatosensory cortex (PSC). Daerah PSC merupakan peta seluruh tubuh dengan masing-masing neuron bertanggung jawab untuk merasakan ketika bagian kulit berbeda disentuh. Mikroelektroda merekam pola aktivitas neuron.

Mereka juga dapat digunakan secara terbalik untuk memberi stimulasi listrik api neuron. Selanjutnya, tim mencatat apa yang terjadi dan aktivitas di mana terdaftar di korteks somatosensori ketika monyet disentuh pada jari telunjuk atau keempat jari.

Monyet-monyet bereaksi seolah-olah mereka telah menyentuh. Dalam eksperimen serupa, monyet juga mampu membedakan sntuhan dari berbagai kekuatan bagi tangan palsu yang mengirimkan informasi ke otak melalui mikroeletroda.

"Informasi tentang lokasi dan tekanan sentuhan sering tidak tersedia visual atau tidak memadai untuk membimbing perilaku motor orang dengan prostetik. Tanpa itu kita menghancurkan atau menjatuhkan benda dalam dari genggaman," kata Bensmaia.

Suatu hari sensor palsu mampu mengirim sinyal ke implan pada manusia untuk mengirimkan pola pulsa elektrik ke otak yang memungkinkan mereka merasakan sentuhan. Prostetik memberi rasa lebih besar banyak. Kaki merasa seperti bagian tubuh dan interaksi lebih kaya dengan lingkungan.
Restoring the sense of touch with a prosthetic hand through a brain interface

Gregg A. Tabot1 et al.
  1. Committee on Computational Neuroscience and Department of Organismal Biology and Anatomy, University of Chicago, Chicago, IL 60637
Proceedings of the National Academy of Sciences, October 14, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1221113110

Gambar: PNAS

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.