Skip to main content

Peta Awan di Exoplanet Kepler-7b

Laporan Penelitian - Laporan cuaca pertama dunia eksotik exoplanet. Para astronom menggunakan data 2 teleskop ruang untuk menciptakan peta awan pertama raksasa gas panas Kepler-7b.

Ditemukan tahun 2009, Kepler-7b mengorbit bintang Kepler-7 setiap 5 hari pada jarak 0,06 AU di konstelasi Lyra. Planet gas raksasa bermassa setengah Jupiter, tapi berdiameter hampir 1,5 kali. Kepler-7b diselubungi awan tinggi. Laporan pertama struktur awan di dunia jauh.

"Mengamati planet ini dengan Spitzer dan Kepler selama lebih dari 3 tahun, kami mampu menghasilkan 'peta' resolusi sangat rendah planet gas raksasa," Brice-Olivier Demory dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

"Kita tidak mengharapkan untuk melihat lautan atau benua pada jenis dunia ini, tapi kami mendeteksi jelas, tanda tangan reflektif yang kita ditafsirkan sebagai awan," kata Demory.

Pengamatan mata kita pada cahaya bulan seperti fase planet memumculkan peta kasar yang menunjukkan titik terang pada belahan barat. Namun data ini tidak cukup untuk dapat menguraikan apakah titik terang itu berasal dari awan ataukah panas.

Walaupun masih mentah, peta cuaca mungkin yang pertama untuk mengidentifikasi awan di exoplanet.

Penelitian ini langkah awal menuju teknik yang mirip untuk menyelidiki tentang atmosfer exoplanet dalam komposisi dan ukuran.

"Kepler-7b mencerminkan lebih banyak cahaya dibanding banyak planet raksasa yang kita hubungkan dengan awan di bagian atas atmosfer," kata Thomas Barclay, plametolog NASA Ames Research Center di Moffett Field.

"Tidak seperti di Bumi, pola awan di planet ini tampaknya tidak banyak berubah dari waktu ke waktu, iklim sangat stabil," kata Barclay.
Inference of Inhomogeneous Clouds in an Exoplanet Atmosphere

Brice-Olivier Demory et al.

arXiv (Submitted on 30 Sep 2013)

Akses : arXiv:1309.7894

Gambar: NASA/JPL-Caltech/MIT

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.