Skip to main content

Molekul Baru Es Permukaan Galilea Bulan Jupiter

Laporan Penelitian - Molekul baru es bulan Jupiter. Para ilmuwan menciptakan molekul baru yang menutupi permukaan es bulan Jupiter dan mengubah cara pandang proses geologi.

Molekul air kaya hidrat asam sulfat, hexahydrate, bagaimana materi terbentuk bisa berlimpah di permukaan bulan Jupiter es Galilea yaitu Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Dunia-dunia beku yang rapat menyembunyikan lautan di bawahnya.

"Saran lama sulfuric acid hydrate di permukaan es bulan Europa," kata Helen Maynard-Casely dari Australian Nuclear Science and Technology Organisation, dan Australian Synchrotron.

"Ini memberi banyak akal, terutama gunung berapi di Io memuntahkan sulfat ke dalam medan magnet Jupiter yang kemudian jatuh ke bulan es," kata Maynard-Casely.

Maynard-Casely dan rekan ingin tahu seperti apa hidrat asam sulfat terbentuk ketika dibebankan air es di dunia beku. Dugaannya octahydrates yang memiliki 8 molekul air untuk setiap molekul sulfat, bukan hexahydrates yang memiliki 6 molekul.

"Jika kita tahu struktur kristal, kita bisa belajar lebih banyak sifat-sifat materi tersebut. Kita lihat cryovolcanoes di Europa dan Ganymede, mungkin juga Callisto," kata Maynard-Casely.

Dunia padat, versi bebatuan di bulan sana dan membentuk fitur menakjubkan. Temuan juga dapat membantu menentukan apa yang ada di bawah kerak es dan apakah materi terkait dengan lautan di bawah lapisan yang menimbulkan pertanyaan baru.

Di Bumi, sulfat merupakan sumber energi organisme hidup di sekitar cerobong hitam ventilasi hidrotermal di dasar laut, starter evolusi biologi multiseluler. Fungsi yang sama jika ada kehidupan apapun di lautan Europa.

Maynard-Casely menguji konsentrasi berbeda asam sulfat dan air yang didinginkan sesuai suhu di bulan sana. Struktur kristal yang dihasilkan diperiksa menggunakan neutron beamline di Lucas Heights Nuclear Reactor di Sydney dan electron beamlines di Australian Synchrotron di Melbourne.

"Pada dasarnya pola yang memungkinkan untuk menentukan di mana atom diatur dalam struktur kristal. Ini implikasi nyata yang mendorong beberapa fitur geologi di sana," kata Maynard-Casely.

Tim berharap temuan molekul baru akan dipertimbangkan pada misi ESA masa depan ke bulan Jupiter seperti Jupiter and Icy Moons Explorer (JUICE) yang sedang direncanakan dan dijadwalkan tiba di sistem Jovian sekitar tahun 2030.
H. E. Maynard-Casely (Australian Synchrotron, Clayton, Victoria, Australia) et.al. A new material for the icy Galilean moons: The structure of sulfuric acid hexahydrate. Journal of Geophysical Research, 20 Sep 2013, DOI:10.1002/jgre.20124

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.