Skip to main content

Galaksi z8_GND_5296 dari Era 13,1 Miliar Tahun

Laporan Penelitian - Cahaya galaksi terjauh ditemukan menerobos kabut kosmik, sebuah galaksi terlihat ketika alam semesta bayi berumur 700 juta tahun dikelilingi kabut sisa-sia zaman kegelapan kosmik.

Para ilmuwan mengamati galaksi ketika tepat 700 juta tahun pasca Big Bang sejauh 30 miliar tahun cahaya (9 miliar parsecs) dari Bumi, galaksi terjauh yang tampaknya sebelumnya. Satu jendela yang membuka panorama kosmologi alam semesta seumur balita.

Cahaya dijuluki z8_GND_5296 mengambil waktu 13,1 miliar tahun untuk mencapai detektor Hubble Space Telescope dan Keck Observatory di Hawaii yang keduanya mendeteksi dalam cahaya inframerah. Radiasi ultraviolet energi tinggi bintang meledakan atom hidrogen intergalaksi jadi elektron dan proton.

"Kita belajar banyak dalam waktu yang sulit dipahami. Kami melihat hampir 13,1 miliar tahun lalu dan 8 miliar tahun sebelum Matahari lahir," kata Steven Finkelstein, astrofisikawan University of Texas Austin.

Anehnya, dari 43 kandidat galaksi jauh yang terdeteksi, z8_GND_5296 satu-satunya mengungkap tanda tangan kimia kunci yang perlukan untuk mengkonfirmasi jarak. Finkelstein dan rekan bertanya-tanya mengapa tanda tangan yang sama tidak terlihat di galaksi lain.

Galasi z8_GND_5296 paling mendekati kosmik zaman kegelapan yaitu periode ruang penuh gas hidrogen netral yang berlangsung selama beberapa ratus juta tahun pasca Big Bang sampai bintang-bintang pertama dan galaksi mulai memancarkan cahaya.

Cahaya z8_GND_5296 memiliki redshift 7.51. Sekitar 100 galaksi tampaknya memiliki redshift 7 atau lebih tapi hanya segelintir memiliki yang bisa dikonfirmasi menggunakan garis spektrum Lyman-α. Cahaya dengan panjang gelombang ini biasanya terang oleh atom hidrogen.

Relatif sedikit galaksi pada era itu terdeteksi memancarkan garis Lyman-α yang bisa menjadi indikasi gas netral mengelilingi galaksi era reionization. Kemungkinan z8_GND_5296 bisa menerobos kabut karena terionisasi lingkungan sekitarnya sehingga foton dapat melarikan diri.

Finkelstein berharap melihat galaksi lainnya menggunakan spektograf di teleskop Keck I. Tapi teleskop masa depan harus melakukan jauh lebih baik termasuk James Webb Space Telescope yang rencananya diluncurkan NASA pada tahun 2018.
S. L. Finkelstein (The University of Texas at Austin, 2515 Speedway, Stop C1400, Austin, Texas 78712, USA) et al. A galaxy rapidly forming stars 700 million years after the Big Bang at redshift 7.51. Nature, 23 October 2013, DOI:10.1038/nature12657
Gambar: V. Tilvi, S.L. Finkelstein, C. Papovich, NASA, ESA, A. Aloisi, The Hubble Heritage, HST, STScI, AURA

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.