Skip to main content

Galaksi Mawar Putih PGC 6240 Akibat Merger

Laporan Penelitian - Galaksi Mawar Putih berasal dari tabrakan. Sebuah kecelakaan kosmik dua massa besar bintang, gas dan debu mungkin memberi jalan struktur gugus bintang Galaksi PGC 6240.

Tidak terlalu lama yang lalu, Galaksi PGC 6240 mungkin menabrak pusaran besar lain bintang, gas dan debu. Kecelakaan kosmik menembak riak energi melalui galaksi, benar-benar menghancurkan struktur aslinya. Juga memicu pembentukan bintang, baik di dalam galaksi dan di ruang sekitarnya.

Para ilmuwan menyelidiki dengan saksama mirip struktur kelopak bunga PGC 6240 juga dikenal sebagai AM 0139-655 yang duduk 350 juta tahun cahaya dari Bumi di selatan konstelasi Hydrus untuk menyusun peristiwa menjelang dan segera setelah tabrakan galaksi.

Selubung elips kabur mengelilingi pusat yang sangat cerah. Selubung dikemas dekat dengan pusat galaksi, sementara yang lain terlempar lebih jauh ke ruang angkasa. Beberapa gumpalan material terlempar begitu jauh sehingga tampak hampir terlepas dari kesatuan.

PGC 6240 sangat menarik ilmuwan karena kelompok bintang yang mengorbit di sekitarnya tidak biasa, indikasi kuat penggabungan galaksi di masa lalu. Semua gugus bola di sekitar galaksi terbentuk pada waktu kurang lebih sama sehingga semua umurnya sama.

Namun, PGC 6240 bervariasi dalam kelompok. Beberapa mengandung bintang-bintang tua sedangkan yang lain mengandung bintang muda yang terbentuk baru-baru ini. Penjelasan paling mungkin bahwa PGC 6240 gabungan 2 galaksi lain di beberapa titik di masa lalu.

Merger mengirimkan riak menembus galaksi dan mengganggu struktur, membentuk selubung materi konsentris yang memicu ledakan kuat formasi bintang di galaksi, kemudian memicu aktivitas serupa di ruang terdekat yang mengarah pada penciptaan baru gugus bola lebih muda di sekitar PGC 6240.
Evidence for Three Subpopulations of Globular Clusters in the Early-Type Poststarburst Shell Galaxy AM 0139-655

Aparna Maybhate1 et al.

Astronomical Journal, 2007 August 31

Akses : DOI:10.1086/521817

A catalog of elliptical galaxies with shells

Malin, D. F. dan Carter, D.

Astrophysical Journal, 11/1983

Akses : DOI:10.1086/161467

Gambar: ESA/Hubble team/NASA; Judy Schmidt

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.