Skip to main content

Gajah Mampu Pahami Poin Petunjuk Tangan

Laporan Penelitian - Anjing teman terbaik manusia, tapi tidak berarti mereka bisa dengan sendirinya. Tanpa pelatihan, herbivora jumbo memahami gerakan tangan. Hewan non-manusia pertama melakukannya.

Gajah hidup bersama manusia selama 4.000 hingga 8.000 tahun. Meskipun berpotensi domestikasi, gajah tidak pernah dijinakkan dengan cara seperti anjing, kucing dan hewan pertanian lain. Hal ini tidak mencegah mereka mengembangkan sejumlah keterampilan seperti manusia.

Di alam liar, mereka mengembangkan empati satu sama lain. Di penangkaran, gajah menampilkan kesadaran dan mampu mengenali diri mengunakan cermin. Bahkan gajah belajar beberapa frase dasar bahasa Korea. Keterampilan lain, repertoar yang mengesankan.

Gerakan menunjuk cukup umum di antara bayi manusia, simpanse ataupun anjing laut, tapi mereka melalui proses pelatihan, ketrampilan datang bukan sebagai kejutan. Sekarang terasa istimewa, gajah dapat menemukan makanan tersembunyi tanpa pelajaran sebelumnya.

"Kognitif gajah mampu memahami cara khas kita menunjuk hal dalam lingkungan," kata Richard Byrne, kognisian University of St Andrews di Inggris.

Byrne dan Anna Smet melakukan tes pada 11 gajah Afrika. Setiap gajah disajikan 2 ember, satu berisi makanan dan lainnya tidak. Seorang manusia berdiri di antara ember menunjuk ke arah makanan. Gajah-gajah memilih ember dengan benar 68-73 persen rata-rata waktu.

Kemampuan gajah memahami petunjuk sangat mengejutkan mengingat mereka miskin penglihatan. Gajah mengandalkan aroma dan suara karena penglihatan buta warna hijau atau deuteranopia. Biolog berasumsi gajah hanya mengendus udara meskipun belalai bisa bertindak sebagai alat komunikasi juga.




Anna F. Smet dan Richard W. Byrne (Centre for Social Learning and Cognitive Evolution, School of Psychology and Neuroscience, University of St Andrews, St Andrews, Fife KY16 9JP, UK). African Elephants Can Use Human Pointing Cues to Find Hidden Food. Current Biology, 10 October 2013, DOI:10.1016/j.cub.2013.08.037
Gambar dan Video: A.F. Smet dan R.W. Byrne, Current Biology, DOI:10.1016/j.cub.2013.08.037
YouTube: http://www.youtube.com/PenelitianTV

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.