Skip to main content

Diesel Membingungkan Lebah

Laporan Penelitian - Asap mesin diesel membingungkan lebah. Asap knalpot diesel mengubah aroma bunga yang memandu lebah. Ancaman nyata industri pangan akibat polusi udara.

Lebah madu sangat bergantung pada indra penciuman untuk menemukan bunga mekar dan panen nektar kemudian mentransfer proses serbuk sari dari satu ke yang lain. Laporan baru menunjukkan polusi mesin diesel mengubah aroma kimia lingkungan.

Asap mobil, traktor atau generator pembangkit listrik mengubah aroma sehingga bunga tidak terdeteksi lebah. Ancaman nyata peran penting serangga sebagai polinator utama tanaman pangan manusia. Secara global pelayanan penyerbukan oleh serangga memiliki nilai ekonomi 153 miliar euro per tahun.

"Di wilayah 70 persen tanaman dunia membutuhkan layanan penyerbukan dan 35 persen produksi pangan dunia tergantung pada pelayanan serangga," kata Tracey Newman, biolog University of Southampton di Inggris.

Newman dan rekan menciptakan bau campuran sintetis meniru campuran kimia kompleks yang membentuk bau bunga lobak. Campuran sintetis 8 senyawa kimia dirilis ke dalam pembuluh kaca tertutup dengan udara bersih dan knalpot lain berisi solar pada tingkat yang sama dengan asap di pinggir jalan.

Asap mengandung konsentrasi tinggi gas NOx yaitu nitric oxide dan nitrogen dioxide sebagaimana carbon monoxide. Dalam 1 menit, materi kimia alpha-farnesene dan alpha-terpinene yang terdiri campuran masing-masing 72,5 persen dan 0,8 persen membuat lebah tidak mampu medeteksi bunga.

"Ini bukan hanya tentang kebingungan lebah oleh aroma baru di sekitarnya. Ini sebenarnya aroma kimia," kata Newman.

Jika lebah yang bertugas mencari makan tidak dapat menemukan nektar, seluruh sarang menderita kelaparan karena kekurangan makanan. Hal yang sama dialami tanaman yang bergantung pada penyerbukan serangga untuk mereproduksi.

"Dan tanpa penyerbukan konsekuensi bagi manusia," kata Newman.

Di Eropa dan Amerika Serikat, lebah memiliki akun 80 persen seluruh penyerbukan serangga, tetapi jumlah terus merosot selama kurun 15 tahun, fenomena mengkhawatirkan dijuluki Colony Collapse Disorder (CCD) yang membunuh sekitar 30 persen lebah setiap tahun sejak 2007.

Wabah misterius yang sering ditandai dengan kematian lebih cepat lebah pekerja dewasa telah menyalahkan segala sesuatu dari penggunaan pestisida, hilangnya habitat, virus atau jamur, tungau atau kombinasi yang mungkin juga mencakup asap diesel.
Diesel exhaust rapidly degrades floral odours used by honeybees

Robbie D. Girling1 et.al.
  1. Centre for Biological Sciences, Institute for Life Sciences, University of Southampton, Southampton SO17 1BJ, UK
Scientific Reports, 03 October 2013

Akses : DOI:10.1038/srep02779

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.