Skip to main content

Cetakan 3D Komunitas Bakteri

Laporan Penelitian - Pencetakan 3D membangun metropolitan bakteri. Suatu teknik dapat membantu para ilmuwan dalam mempelajari resistensi antibiotik dan sebagainya.

Menggunakan "printer" sinar laser dan gumpalan jelly sebagai tinta, para ilmuwan mencetak kota bakteri 3D dengan banyak bentuk. Bakteri dapat tetap bersatu membentuk lembaran berlendir biofilm dari gigi kuning manusia, paru-paru pasien cystic fibrosis dan lainnya yang resisten antibiotik.

Bangunan model 3D komunitas bakteri bisa membantu menjelaskan bagaimana mikroba saling bekerja sama dan menghindari obat-obatan. Dengan mengontrol struktur koloni dapat menyelidiki virulensi serta mempelajari bagaimana bakteri saling berkomunikasi.

Jason Shear, bioteknolog University of Texas di Austin, dan rekan mencampur bakteri dengan setetes gelatin dan lem kimia yang diaktifkan oleh cahaya. Kemudian tetesan dipukul laser untuk mengikat gelatin bersama-sama membentuk kulit tipis.

Bagian tidak tersentuh oleh laser hanyut, meninggalkan ruang berlubang di mana mikroba tumbuh. Bakteri tersegel dalam kotak gelatin, donat, piramida dan bentuk yang meniru struktur biofilm nyata. Shear bisa mengeser satu jenis bakteri dalam shell lain.

"Seperti tas kain yang mampu menahan kelereng tetapi memungkinkan air bebas melewati. Krusial, set gelatin biokompatibel dan menjaga bakteri hidup. Dengan membangun kotak di sekitar bakteri terdistribusi secara acak kita membangun geometri kompleks," kata Shear.

Teknik ini mengungkapkan beberapa distribusi Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa yang sering menginfeksi luka. Ketika Shear memberi dosis antibiotik, bakteri eksterior bertindak seperti perisai. Obat rusak dan mikroba interior terlindungi dari bahaya.




3D printing of microscopic bacterial communities

Jodi L. Connell et al.

Proceedings of the National Academy of Sciences, October 7, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1309729110

Gambar dan video: Jodi L. Connell et al., DOI:10.1073/pnas.1309729110
YouTube: http://www.youtube.com/PenelitianTV

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.