Skip to main content

Asteroid Berlimpah Air Mengorbit Bintang GD 61

Laporan Penelitian - Air terlihat di puing-puing sekitar bintang. Teleskop Hubble menemukan tanda tangan oksigen air dalam cincin puing-puing di sekitar bintang mati.

Puing adalah bagian dari sebuah asteroid yang memegang materi bagi exoplanet layak huni. Temuan menunjukkan dari buaian sampai liang kubur, berbagai bintang mungkin pelabuhan material batuan kaya air, bahan kunci untuk membangun planet layak huni di luar Tata Surya.

Astronom menggunakan data teleskop Hubble untuk menganalisis material awan menemukan unsur-unsur pembentuk batuan seperti besi dan magnesium, tetapi juga kekayaan oksigen. Dan Hanya satu kemungkinan yang bisa menjelaskan eksistensi oksigen.

"Ini harus menjadi air," kata Jay Farihi, astronom University of Cambridge di Inggris.

Selama beberapa tahun Farihi dan rekan mencari sidik jari planet berbatu atau blok bangunan kimia di sekitar bintang kerdil putih, sisa-sisa bintang antara 1 sampai 8 kali massa Matahari dalam volume tak lebih besar dari Bumi. Tarikan kuat gravitasi mencabik-cabik asteroid, planet minor dan menarik puing-puing.

Puing-puing mudah dideteksi karena elemen berat mencemari atmosfer kerdil putih yang murni hidrogen atau helium. Farihi menghitung oksigen menggunakan spektrometer ultraviolet Hubble. Kemudian Observatorium Keck untuk menetapkan berapa banyak oksigen hadir jika semua terikat di batu.

Katai putih, bagaimanapun, mengandung sedikit karbon, meninggalkan air sebagai satu-satunya sumber kelimpahan oksigen. Asteroid seukuran Vesta dengan diameter 500 kilometer memiliki air 26% dari massa. Mirip Ceres, jenis asteroid diperkirakan mengirim air ke Bumi muda.

Beberapa asteroid menabrak yang planet berbatu bisa memberi air yang cukup untuk mengisi lautan dan danau. Temuan menunjukkan planet layak huni mungkin pernah mengorbit GD 61 yang berjarak hanya 150 tahun cahaya di konstelasi Perseus.
J. Farihi (Institute of Astronomy, University of Cambridge, Cambridge CB3 0HA, UK) et a. Evidence for Water in the Rocky Debris of a Disrupted Extrasolar Minor Planet. Science, 11 October 2013: Vol.342 no.6155 pp.218-220, DOI:10.1126/science.1239447
Gambar: Mark A. Garlick, space-art.co.uk, University of Warwick and University of Cambridge

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.