Skip to main content

Saklar Efesiensi Reprogram Sel

Laporan Penelitian - Sel induk dibuat dengan efisiensi mendekati sempurna. Penghapusan protein tunggal meningkatkan hasil pemrograman ulang dan konsistensi.

Tim peneliti pertama kalinya mengkonversi sel kulit menjadi sel induk berbudaya dengan efisiensi mendekati sempurna. Dengan menghapus satu protein disebut Mbd3, tim di Weizmann Institute of Science di Rehovot, Israel, mampu meningkatkan tingkat konversi hampir 100 persen.

Temuan membuka jalan bagi para ilmuwan menghasilkan volume besar stok sel-sel induk dan mempercepat pengembangan pengobatan baru ketika pada tahun 2006 para ilmuwan pertama menunjukkan bahwa sel-sel dewasa bisa diprogram untuk bertindak seperti sel-sel embrionik.

Namun produksi sel induk pluripotent masih misterius. Tingkat konversi rendah telah menggagalkan upaya untuk mempelajari bagaimana proses repemrogram terjadi. Juga pengembangan teknik untuk menghasilkan sel induk di bawah kondisi ketat yang dibutuhkan untuk aplikasi terapeutik.

"Ini laporan pertama bahwa Anda dapat memrograman ulang seefisien mungkin. Mengejutkan bahwa memanipulasi molekul tunggal cukup untuk menyalakkan sel tunggal pluripotent dalam seminggu," kata Konrad Hochedlinger, biolog Harvard Medical School di Boston, Massachusetts.

Hanna dan tim menganalisis hambatan reprograman dengan garis sel tikus rekayasa di mana gen sudah dimasukkan dan dapat diaktifkan dengan molekul kecil. Sel-sel biasanya mampu reprogram di bawah 10% . Tapi ketika gen protein Mbd3 ditekan, harga melonjak hampir 100%.




Situs Resmi : Jacob Hanna’s Lab

Yoach Rais (The Department of Molecular Genetics, Weizmann Institute of Science, Rehovot 76100, Israel) et.al. Deterministic direct reprogramming of somatic cells to pluripotency. Nature, 18 September 2013, DOI:10.1038/nature12587
Video: Yoach Rais et.al., DOI:10.1038/nature12587
YouTube: http://www.youtube.com/PenelitianTV

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.