Skip to main content

Q-weak Melaporkan Biaya Proton

Laporan Penelitian - Fisikawan mengukur biaya proton untuk pertama kalinya. Temuan juga mencakup penentuan muatan lemah neutron serta up quark dan down quark.

Kolaborasi fisikawan internasional yang eksperimen di Thomas Jefferson National Accelerator Facility menentukan pertama kalinya muatan lemah proton. Gaya lemah adalah salah satu dari 4 gaya fundamental alam semesta bersama dengan gravitasi, elektromagnetisme dan gaya kuat.

Meskipun gaya lemah hanya bertindak pada tingkat sub atom, kita bisa melihat efeknya pada dunia sehari-hari yang memainkan peran kunci dalam proses reaksi nuklir dalam bintang dan bertanggung jawab pada banyaknya kehadiran radiasi di alam semesta.

Hasil ini konsisten dengan model standar fisika partikel dan kekecewaan bagi mereka yang berharap kekuatan alam aneh akan mengungkap sesuatu yang lebih eksotis. Tapi ini juga merupakan temuan awal sehingga gaya belum bisa menunjukkan jalan bagi fisika baru di luar model standar.

Fisikawan berspekulasi pemeriksaan lebih lanjut terhadap gaya lemah mungkin memegang petunjuk perilaku eksotis lainnya. Mereka sebelumnya telah mengukur tarikan pada partikel lain termasuk elektron, tetapi tidak pernah berhasil pada proton.

"Kami mencari sensitivitas lemah untuk sesuatu yang mungkin tidak ada dalam model standar," kata Shelley Page, fisikawan University of Manitoba di Kanada dan anggota the Q-weak collaboration.

Mereka menembak sinar elektron pada target proton dalam properti mekanika kuantum elektron pada arah berlawanan jarum jam 1000 kali per detik. Perilaku berkas elektron didominasi daya tarik elektromagnetik antara proton dan elektron dengan hanya pengaruh kecil dari gaya lemah.

Mengukur setepat mungkin 200 bagian per miliar setara presisi dengan mengukur ketebalan selembar kertas diletakkan di atas Menara Eiffel. Analisis awal dari data eksperimen menghasilkan nilai Qpw = 0,064 ± 0,012 yang dalam perjanjian baik dengan Model Prediksi Standard Qpw (SM) = 0,0710 ± 0,0007.
Situs Resmi : Q-weak

Profile Peneliti : Shelley Page

First Determination of the Weak Charge of the Proton

Qweak Collaboration

arXiv (last revised 2 Sep 2013)

Akses : arXiv:1307.5275
Gambar: Q-weak

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.