Skip to main content

Molekul Kehidupan Mill Sutter

Laporan Penelitian - Meteorit mengandung molekul yang mengejutkan kehidupan. Senyawa dalam batuan ruang yang jatuh di California membantu benih kehidupan di Bumi.

Sebuah batu angkasa berpijar di langit California tahun lalu memberi ilmuwan sekilas pandangan drama yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang kompleks kimia yang terjadi selama masa bayi Tata Surya.

Meteorit mungkin menyampaikan bahan baku ke Bumi yang dirangkai menjadi molekul kehidupan. Para ilmuwan menganalisis potongan meteorit Mill Sutter yang meledak secara terpisah selama meluncur ke California utara pada tanggal 22 April 2012.

Ketika Sandra Pizzarello, kimiawan Arizona State University, dan rekan mencairkan beberapa mineral dengan asam, kebanyakan belerang dan oksigen mengandung senyawa organik yang belum pernah diidentifikasi dalam meteorit sebelumnya. Molekul terbentuk beberapa miliar tahun lalu.

"Ini sebuah jendela kecil ke dalam jenis kimia yang terjadi di Bumi sebelum kehidupan," kata Jonathan Lunine, planetolog Cornell University.

Tapi materi kimia kompleks terjadi jauh sebelum batu menyimpan harta molekul di Bumi karena bahan baku yang lebih kompleks dari perkirakan sebelumnya, senyawa bisa berkombinasi dengan lebih mudah untuk membentuk molekul biologis.

Satu kesempatan langka dapat menganalisis meteorit yang baru turun sebagai karunia materi organik yang mungkin ada pada batuan murni dalam ruang. NASA pada tahun 2016 meluncukan probe OSIRIS-REx untuk mengambil sampel material asteroid sejauh lebih 600 juta kilometer.
Processing of meteoritic organic materials as a possible analog of early molecular evolution in planetary environments

Sandra Pizzarello1,2 et.al.
  1. Department of Chemistry and Biochemistry, Arizona State University, Tempe, AZ 85287-1604
  2. School of Earth and Space Exploration, Arizona State University, Tempe, AZ 85287-1404
Proceedings of the National Academy of Sciences, September 9, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1309113110

Gambar: P. Jenniskens (SETI Institute) and Eric James (NASA Ames)

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.