Skip to main content

Mars Curiosity Beri Analisis Baru

Laporan Penelitian - Mars Curiosity mendapat petunjuk baru di Mars. Rover NASA melengkapi analisis tanah pertama yang dikumpulkan dari Kawah Gale di Planet Merah.

Bundel kimia bahan bakar roket, piramida gelap yang menyerupai batuan vulkanik langka di Bumi dan partikel kaca bantalan jejak air merupakan beberapa hal yang ditemukan rover Curiosity dalam penyelidikan kimia pertama benda Mars.

"Ini pertama kalinya kita mengenal secara tepat dan pasti terbuat dari apa," kata David Blake, astrobiolog NASA Ames Research Center di Moffett Field , California.

Sampel debu diraup dari Mars campuran kristal batuan vulkanik ditambah partikel kaca, para ilmuwan membombardir tanah dengan partikel alpha radioaktif dan menggunakan tanda tangan energi untuk membangkitkan kembali sehingga kandungan kimia teridentifikasi.

"Bagian yang menarik adalah data difraksi sinar-X," kata David Bish, mineralog Indiana University.


Untuk lebih membedah debu, Laurie Leshin, geokimiawan Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, NY, dan rekan menembak sebuah alat seukuran microwave di perut rover. Para ilmuwan memanaskan tumpukan kecil tanah sekitar 835oCelcius dan meneliti gas yang datang.

Sampel mengandung sekitar 2 persen air, mungkin tersembunyi dalam partikel kaca. Analisis juga menemukan berbagai senyawa klorin termasuk perklorat, komponen beracun bahan bakar roket yang dapat mempersulit rencana masa depan manusia untuk tinggal dan bekerja di Mars.

Terakhir peneliti memeriksa batu hitam berbentuk piramida sekitar 50 sentimeter yang dijuluki Jake_M., insinyur NASA Jacob "Jake" Matijevic yang meninggal pada tahun 2012. Jake_M tidak seperti batu Mars yang pernah diperiksa, tapi menyerupai tipe langka lava di pulau-pulau di Bumi.
Situs Resmi : Mars Science Laboratory

P.-Y. Meslin (Université de Toulouse, UPS-OMP, IRAP, 31028 Toulouse, France; CNRS, IRAP, 9 Av. Colonel Roche, BP 44346, F-31028 Toulouse cedex 4, France) et.al. Soil Diversity and Hydration as Observed by ChemCam at Gale Crater, Mars. Science, 27 September 2013: Vol.341 no.6153, DOI:10.1126/science.1238670

D. L. Bish (Department of Geological Sciences, Indiana University, Bloomington, IN 47405, USA) et.al. X-ray Diffraction Results from Mars Science Laboratory: Mineralogy of Rocknest at Gale Crater. Science, 27 September 2013: Vol.341 no.6153, DOI:10.1126/science.1238932

L. A. Leshin (Department of Earth and Environmental Sciences and School of Science, Rensselaer Polytechnic Institute, Troy, NY 12180, USA) et.al. Volatile, Isotope, and Organic Analysis of Martian Fines with the Mars Curiosity Rover. Science, 27 September 2013: Vol.341 no.6153, DOI:10.1126/science.1238937

E. M. Stolper (Caltech, Pasadena, CA 91125, USA) et.al. The Petrochemistry of Jake_M: A Martian Mugearite. Science, 27 September 2013: Vol.341 no.6153, DOI:10.1126/science.1239463

D. F. Blake (National Aeronautics and Space Administration (NASA) Ames Research Center, Moffett Field, CA 94035, USA) et.al. Curiosity at Gale Crater, Mars: Characterization and Analysis of the Rocknest Sand Shadow. Science, 27 September 2013: Vol.341 no.6153, DOI:10.1126/science.1239505
Gambar: NASA/JPL-Caltech/MSSS

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …