Skip to main content

Gen Link Tangan Kanan-Kidal

Laporan Penelitian - Gen simetritas tubuh pengontrol kewenangan. Kidal dan nonkidal dapat ditentukan oleh gen pengatur posisi organ tapi tidak ada gen tunggal kewenangan.

Lebih dari 10 persen orang menggunakan tangan kiri dan rasio ditemukan di setiap populasi dunia. Tapi menemukan gen bukan tugas sederhana. Puluhan gen mungkin terlibat yang berarti satu orang kidal mungkin disebabkan varian satu gen, sementara orang lain membawa varian gen berbeda.

"Tidak ada gen tunggal kewenangan," kata Chris McManus, neuropsikolog University College London.

Sekarang William Brandler, genetikawan University of Oxford, dan rekan melakukan sapuan statistik DNA pada 3.394 orang. Studi asosiasi genom sering digunakan ilmuwan untuk mengungkap gen yang berkontribusi terhadap sifat kompleks.

Brandler mengamati 100.000 mutasi umum dalam genom responden dan menemukan gen PCSK6 paling berkorelasi dengan kewenangan. PCSK6 memainkan peran kunci perkembangan asimetri tubuh. Mengacaukan gen ini pada tikus menyebabkan organ membentuk ke salah satu sisi.

Tapi kewenangan adalah sifat kompleks dikendalikan gabungan gen tak terhitung jumlahnya. Ini mungkin menjelaskan mengapa perkidalan evolusi manusia masih bertahan di dunia yang didominasi kanan. Satu teori menyatakan simetritas memiliki link ke dalam pemrosesan bahasa.

"Kebanyakan orang menunjukkan dominasi kiri untuk fungsi bahasa," kata Brandler.

Bahasa jadi makin penting bagi leluhur manusia dan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh mengambil peran utama. Orang-orang secara eksklusif semakin menggunakan tangan kanan. Dengan kata lain dominasi kewenangan organ di semua budaya adalah efek samping bahasa.

Simpanse dan bonobo menggunakan array gerakan tangan untuk berkomunikasi dan area kiri otak yang berhubungan dengan bahasa seperti kortikal pada manusia. Studi meta analisis hominidae menyarankan bahwa simpanse di alam liar sekitar 50:50 kidal.
Profile Peneliti : William Brandler

Common Variants in Left/Right Asymmetry Genes and Pathways Are Associated with Relative Hand Skill

William M. Brandler1,2 et.al.
  1. Wellcome Trust Centre for Human Genetics, University of Oxford, Oxford, United Kingdom
  2. MRC Functional Genomics Unit, Department of Physiology, Anatomy & Genetics, University of Oxford, Oxford, United Kingdom
PLOS Genetics, September 12, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pgen.1003751

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.