Skip to main content

Bisikan Tamarin Saguinus oedipus

Laporan Penelitian - "Sssstttt.... orang lain bisa mendengar kita," bisik monyet Tamarin Berkepala Kapas (Saguinus oedipus) kepada rekannya ketika melihat kehardiran orang lain.

Berbisik jadi cara cerdas untuk melakukan percakapan pribadi. Spesies seperti ngengat penggerek jagung, tupai tanah hingga ikan melakukan seperti itu. Sekarang, peneliti menambah untuk pertama spesies primata non-manusia, Tamarin Kapas (Saguinus oedipus) ke dalam daftar.

Rachel Morrison dan Diana Reiss dari City University of New York melakukan eksperimen di New York City Central Park Zoo dengan merancang perangkat untuk menangkap panggilan alarm ketika Tamarin merespon kehadiran orang lain.

Ketika seseorang melangkah di dalam kandang, Tamarins tampak terdiam. Itu bagi telinga kita.

Ketika dilakukan analisis spektrogram yang merepresentasikan grafis dari suara, para ilmuwan menyadari Tamarin saling berbisik-bisik lembut di antara mereka.

Para evolusionis telah meramalkan bahwa berbisik kemungkinan banyak ditemukan pada spesies yang sangat kooperatif seperti Tamarin karena itu cara mudah untuk menghindari penyadap.

Jadi jika Anda mendengar bisikan seseorang di samping tempat tidur Anda saat malam hari, kemungkinan ia adalah Tamarin.
Whisper-like behavior in a non-human primate

Rachel Morrison1,2, Diana Reiss1,2.
  1. Department of Psychology, Hunter College, The City University of New York, New York, New York
  2. Department of Psychology, Biopsychology and Behavioral Neuroscience Subprogram, The Graduate Center, The City University of New York, New York, New York
Zoo Biology, 13 SEP 2013

Akses : DOI:10.1002/zoo.21099

Gambar bawah: R. Morrison dan D. Reiss, DOI:10.1002/zoo.21099

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.