Skip to main content

Misalignment Exoplanet WASP-79B

Laporan Penelitian - Para astronom menemukan sebuah exoplanet membengkak panas 2 kali lebih besar Jupiter yang mengelilingi bintang host dalam orbit kutub langka.

Pertanyaan baru tentang bagaimana planet terbentuk dan bergerak melalui sistem bintang. Orbit planet biasanya pada bidang yang sama dalam arah rotasi bintang host. Planet terbentuk dalam cakram berputar debu proto-planet di ekuator bintang.

Namun, orbit kutub Planet WASP-79B pada sudut sekitar 106 derajat. Planet tipe gas raksasa Hot Jupiter mengorbit sangat dekat dengan bintang host. WASP-79B hanya butuh 3,5 hari untuk mengorbit komplit. Peneliti menggunakan Anglo-Australian Telescope.

"Sebuah orbit kutub tak lazim.Sesuatu yang Anda tidak benar-benar mengharapkan menurut model pembentukan planet," kata Brett Addison, fisikawan University of New South Wales.

"Saat planet melintas di depan bintang mendistorsi spektrum garis absorpsi dan distorsi dapat untuk menentukan keselarasan relatif atau orbit antara sumbu putar bintang dan planet ini," kata Addison.

"Tidak seperti bintang dingin yang memiliki lapisan konvektif tebal, lapisan konvektif di bintang panas seperti WASP-79a mungkin terlalu tipis untuk efektif menyelaraskan bidang orbit planet atas skala waktu pendek," kata Addison.

"WASP-79B paling mungkin ke dalam bermigrasi, hal itu tidak terbentuk di mana sekarang dan dalam proses migrasi entah bagaimana orbit menjadi tidak sejajar dan pergi ke orbit kutub," kata Addison.

"Langkah berikutnya adalah menguji teori tentang bagaimana migrasi planet dapat menyebabkan misalignment dan orbit kutub atau bahkan retrograde," kata Addison.
B. C. Addison (Exoplanetary Science Group, School of Physics, University of New South Wales, NSW 2052, Australia; Australian Centre of Astrobiology, University of New South Wales, NSW 2052, Australia) et.al. A Nearly Polar Orbit for the Extrasolar Hot Jupiter WASP-79b. The Astrophysical Journal Letters, Volume 774 Number 1, 2013 August 14, DOI:10.1088/2041-8205/774/1/L9
Gambar: ESO/B Addison

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.