Skip to main content

Biomarker Prediktor Bunuh Diri

Laporan penelitian - Orang bunuh diri memiliki kadar gen tertentu, sebuah substansi kadar tinggi dalam darah memungkinkan tes diagnostik sederhana risiko bunuh diri.

Saat ini dokter mengandalkan gejala yang dilaporkan sendiri, tetapi orang berniat bunuh diri tidak selalu butuh mendiskusikan niatnya kepada orang lain. Sekarang sebuah tes darah dengan jelas dapat menunjukkan kepada dokter secara langsung.

"Ada kebutuhan untuk mengetahui penanda. Kita perlu mengembangkan penelitian dengan cepat," kata Alexander Niculescu, psikiater Indiana University di Indianapolis.

Luar biasa, tapi untuk penelitian ukuran kecil harus ditafsirkan hati-hati. Temuan datang pada sampel laki-laki dengan gangguan bipolar. Subyek mengunjungi klinik setiap 3 sampai 6 bulan di mana menjalani tes psikologis dan memberikan sampel darah.

Selama studi, 9 pria menunjukkan tanda-tanda perubahan dramatis. Beberapa molekul dalam darah berubah seiring pergeseran kecenderungan bunuh diri. Paling menonjol adalah molekul ekspresi gen SAT1 yang terlibat dalam kematian sel.

Aktivitas tinggi SAT1 dilacak seiring pikiran dan perasaan bunuh diri. Untuk mengkonfirmasi SAT1 benar-benar dapat melacak bunuh diri pada populiasi lebih umum, tim memperoleh sampel darah dari Badan Koroner. SAT1 ditemukan tinggi dalam darah 9 orang yang sudah bunuh diri.

"Mengejutkan kami, hasilnya sangat kuat," kata Niculescu.

SAT1 tinggi juga terkait pada pasien rawat inap bunuh diri. Pada 49 subjek bipolar yang berbeda, orang dengan tingkat SAT1 lebih tinggi lebih mungkin bunuh diri, meskipun tim peneliti tidak tahu mengapa berkorelasi dengan risiko bunuh diri pada populasi ini.

Namun peneliti lain skeptis. Studi dilakukan pada sejumlah populasi yang masih tergolong sedikit dan semuanya terpapar obat. Terlebih lagi algoritma yang digunakan untuk mengidentifikasi penanda SAT1 agak subyektif.

"Ini wilayah sangat menarik dan pertanyaan sangat penting, tapi ada banyak masalah teknis dengan studi ini. Tidak banyak yang bisa kita ambil dari tahap ini," kata Carl Ernst, neurosaintis McGill University di Montreal.

Tidak jelas apakah pria dengan gangguan bipolar adalah proxy stabil orang-orang bunuh diri secara umumnya. Tingkat SAT1 mungkin tidak ada hubungannya dengan bunuh diri pada wanita atau pada orang dengan gangguan depresi mayor, misalnya.
Profile Peneliti : Alexander Niculescu
Discovery and validation of blood biomarkers for suicidality

H Le-Niculescu1,2 et.al.
  1. Department of Psychiatry, Indiana University School of Medicine, Indianapolis, IN, USA
  2. Indianapolis VA Medical Center, Indianapolis, IN, USA
Molecular Psychiatry, 20 August 2013

Akses : DOI:10.1038/mp.2013.95

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.