Skip to main content

Bayi Belajar Suara Sebelum Lahir

Laporan Penelitian - Bayi mempelajari kata-kata sebelum kelahiran. Respon otak menunjukkan bayi dapat membedakan suara yang berbeda dari versi yang diubah.

Orangtua harus lebih baik dalam bahasa mereka. Bayi bisa mendengar kata-kata tertentu dari dalam rahim dan mengingatnya pada hari-hari setelah kelahiran. Laporan baru menambah pemahaman bagaimana lingkungan akustik awal membentuk perkembangan otak.

Penelitian sebelumnya menemukan janin dapat mendengar dan belajar suara-suara tertentu. Sajak, vokal dan suara ibu mempengaruhi bayi yang sedang berkembang. Namun studi baru menunjukkan janin bisa mendeteksi dan mengingat kata-kata diskrit.

"Kemampuan belajar janin jauh lebih spesifik dari yang kita duga," kata Eino Partanen, kognisian University of Helsinki.

Partanen dan rekan menggunakan kata untuk menguji kata tertentu masuk ke otak janin. Sekitar 5 sampai 7 kali seminggu selama trimester ketiga, 17 wanita hamil Finlandia diperintahkan memutar rekaman seorang wanita mengucapkan kata Tatata dalam 4 menit.

Lima hari setelah kelahiran, bayi sekali lagi mendengar rekaman. Elektroda melekat di kepala bayi ketika Partanen dan rekan mencari tanda tertentu, sebuah sentakan saraf respon ketidakcocokan. Tanggapan ini menunjukkan tingkat keakraban.

Ketika rekaman mencapai perubahan versi, bayi yang telah terkena rekaman dalam rahim menunjukkan respon ketidakcocokan, sedangkan 16 bayi yang belum mendengar rekaman sebaliknya. Hasil ini menunjukkan bayi hanya menyimpan memori versi normal Tatata.

Tidak jelas berapa lama kata terakhir dikenang. Dalam studi tersebut, janin terakhir mendengar rekaman 5 hari sebelum kelahiran, tapi memori bisa lebih lama dari itu. Studi ini melampaui laporan sebelumnya yang bergantung pada perubahan perilaku tidak langsung.

"Kita telah memiliki cukup banyak penelitian tentang perilaku tapi tidak begitu banyak pada otak," kata Christine Moon dari Pacific Lutheran University di Tacoma.

Laporan baru memiliki implikasi bagi intervensi dini pada anak-anak yang mungkin berisiko masalah bahasa dan menyertai beberapa jenis disleksia. Kata hati-hati dirancang atau fitur pidato yang dimainkan selama kehamilan mungkin terbukti bermanfaat.
Learning-induced neural plasticity of speech processing before birth

Eino Partanen1,2 et.al.
  1. Cognitive Brain Research Unit, Cognitive Science, Institute of Behavioral Sciences, University of Helsinki, 00014, Helsinki, Finland
  2. Finnish Center of Excellence in Interdisciplinary Music Research, Department of Music, University of Jyväskylä, 40014, Jyväskylä, Finland
Proceedings of the National Academy of Sciences, August 26, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1302159110

Gambar: Veikko Somerpuro/University of Helsinki

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.