Skip to main content

Peneliti ETH Zurich Mencetak 3D Jantung Silikon Lembut

Laporan Penelitian ~ ETH Zurich membangun jantung buatan berbahan lembut dan berdetak menggunakan cetak 3D. Para peneliti mencetak 3D jantung silikon lembut dan berdetak seperti organ sejati. Tim bereksperimen untuk menguji potensi cara-cara lebih aman dan nyaman untuk memompa darah di dalam tubuh manusia.

Laporan Penelitian Peneliti ETH Zurich Mencetak 3D Jantung Silikon Lembut

Para peneliti ETH Zurich dari Functional Materials Laboratory dan Product Development Group Zurich mengembangkan jantung silikon yang berdetak mirip jantung manusia. Organ buatan terlihat seperti jantung yang nyata dan menirukan model alami semaksimal mungkin.

"Tujuan kami adalah mengembangkan jantung buatan yang berukuran kira-kira sama dengan ukuran pasien dan meniru jantung manusia semaksimal mungkin dalam bentuk dan fungsi," kata Nicholas Cohrs.

Hari ini lebih dari 26 juta orang di seluruh dunia menderita gagal jantung, sementara jantung donor tidak mampu memenuhi permintaan. Pompa darah buatan ini membantu mengisi waktu tunggu sampai pasien menerima jantung donor atau jantung mereka pulih kembali.



Silikon lembut menggunakan teknik pengecoran 3D-printing dengan berat 390 gram dan volume 679 cm kubik. Desain right dan left ventricle seperti jantung asli, tetapi bilik tidak dipisahkan oleh septum, melainkan ruang tambahan untuk memompa cairan dan menggantikan kontraksi otot jantung manusia.

Para peneliti melaporkan hasil eksperimen di Artificial Organs sebagai bukti bahwa jantung buatan lembut secara fundamental bekerja dan berfungsi dalam cara mirip jantung manusia, meskipun hanya bertahan sekitar 3.000 ketukan atau setara setengah sampai tiga perempat jam.

"Ini baru uji kelayakan. Tujuan kami bukan untuk menyajikan jantung siap untuk implantasi, tapi memikirkan arah baru untuk pengembangan jantung buatan. Tentu saja, kekuatan tarik material dan kinerja harus ditingkatkan," kata Cohrs.

Penelitian berfokus pada perbaikan pompa darah seperti bagaimana mengurangi kerusakan darah yang diinduksi dari bagian mekanik pompa, sementara lainnya mengeksplorasi membran yang sangat elastis atau permukaan yang lebih biokompatibel.

Jurnal : Nicholas H. Cohrs et al. A Soft Total Artificial Heart—First Concept Evaluation on a Hybrid Mock Circulation, Artificial Organs, 10 July 2017, DOI:10.1111/aor.12956
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments