Skip to main content

Denisovans Bermukim di Asia Setidaknya 100.000 Tahun Lalu

Laporan Peneliitan ~ Gigi fosil mendorong kembali catatan keluarga Neandertal yang misterius. Denisovans tinggal di Asia setidaknya 100.000 tahun lalu, analisis DNA yang diambil dari gigi fosil anak menunjukkan akar Asia kuno dari kerabat Homo neanderthalensis yang telah punah. Wanita Denisovan berumur 10-12 tahun hidup paling tidak 100.000 tahun lalu.

Laporan Penelitian Denisovans Bermukim di Asia Setidaknya 100.000 Tahun Lalu

Viviane Slon, genetikawan dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig, dan tim menyimpulkan gigi setidaknya 20.000 tahun lebih tua dari fosil tertua Denisovan yang ditemukan. Fragmen jari dan dua gigi yang digali di Gua Denisova Siberai dilaporkan ke Science Advances.

Tim mengekstrak DNA mitokondria yang hampir sempurna dari gigi anak-anak itu. DNA mitokondria biasanya berpindah dari ibu ke anak. Para peneliti juga memperoleh sejumlah kecil DNA nuklir yang diwarisi dari kedua orang tua.

Tim juga membandingkan DNA anak purba ini dengan tiga Denisovans lainnya, 10 Neandertal, lima manusia purba, lima manusia zaman sekarang, simpanse dan genus Homo berusia sekitar 400.000 tahun dari Spanyol. Dating sebelumnya dari lapisan sedimen di Gua Denisova membantu mempersempit perkiraan kalender fosil.

Meskipun Denisovans telah mendiami daerah pegunungan di sekitar Gua Denisova selama puluhan ribu tahun, keempat fosil menunjukkan tingkat keanekaragaman genetik relatif rendah, mungkin disebabkan oleh populasi Denisovan kecil yang pernah mendiami satu bagian Asia untuk waktu yang lama.

Kemungkinan lain Denisovans tinggal di tempat lain di Asia dan mengembangkan lebih banyak keragaman genetik daripada yang diamati di gua. Para peneliti mengatakan perlunya penemuan fosil Denisovan di situs lain untuk menjawab kemungkinan tersebut.

Jurnal : Viviane Slon et al. A fourth Denisovan individual, Science Advances, 07 Jul 2017, DOI:10.1126/sciadv.1700186
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments