Skip to main content

Saklar Genetik Tepat Hasil Panen Tomat Melimpah

Laporan Penelitian ~ Penyesuaian dosis gen mutan yang terperangkap dalam tanaman tomat secara tepat menghadirkan potensi hasil panen. Genetikawan tanaman telah menemukan cara untuk melipat gandakan produksi tomat kebun dengan menghapus kebiasan buruk dan merakit kembali urutan yang hilang.

Laporan Penelitian Saklar Genetik Tepat Hasil Panen Tomat Melimpah

Hampir semua tomat modern membawa mutasi gen yang kemungkinan muncul saat fajar pertanian 8.000 sampai 10.000 tahun lalu. Mutasi kuno ini menyebabkan tomat domestikasi menghasilkan buah dengan tutup daun hijau lebih besar di atasnya.

Kita tidak akan pernah tahu mengapa petani tomat kuno menyukai tomat dengan topi lebih besar, tapi kemungkinan mereka memilih tanaman demikian dan menyilangkannya sehingga sifat-sifat menjadi bagian genom pada kebanyakan varietas tomat modern.

Mutasi kedua berinteraksi dengan mutasi kuno ditemukan pada pertengahan abad ke-20 di ladang milik Campbell Soup Company. Mutasi ini menyebabkan dua perubahan dramatis dimana gen mengubah lengkungan siku di batang. Tanaman tomat mutan ini tidak memiliki persendian.



Sifat yang luar biasa bagi petani industri ketika pascaperang ingin menggunakan teknologi pemetik mekanis saat memanen. Jauh lebih mudah bagi pemanen untuk membersihkan tomat tanpa sendi. Tapi siku di batang lenyap berarti kontraporduktif untuk bunga dan hasil buah.

"Anda akan berpikir bahwa cabang perbungaan berarti bunga lebih banyak dan sebenarnya itu salah satu cara untuk mendapatkan hasil panen lebih banyak," kata Zachary Lippman, genetikawan Cold Spring Harbor Laboratory.

Pola bercabang pada batang sangat mempengaruhi jumlah buah yang dihasilkan atau seberapa mudahnya dipanen. Beras, jelai dan gandum mendapatkan batang yang berubah menjadi bunga dari cabang lebih banyak sehingga lebih banyak butir dihasilkan per tangkai.

Tapi cabang-cabang pada tomat terlihat seperti nenek moyang liar dengan bunga dan buah dalam zigzag di sepanjang cabang akhir. Lippman dan tim mengubah gen ini dan mengatur cabang di tempat yang tepat untuk melipat gandakan produksi.

Jurnal : Sebastian Soyk et al. Bypassing Negative Epistasis on Yield in Tomato Imposed by a Domestication Gene, Cell, May 18, 2017, DOI:10.1016/j.cell.2017.04.032
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments