Skip to main content

Tunas Kehidupan Awal Di darat 3,5 Miliar Tahun Lalu

Laporan Penelitian ~ Tunas kehidupan awal di darat mungkin telah berkembang saat musim panas di Pilbara sekitar 3,5 miliar tahun. Batuan merah kuno di Pilbara Australia Barat mengandung jejak mata air panas yang menjadi tuan rumah kehidupan paling awal di daratan, para ilmuwan melaporkan ke Nature Communications.

Laporan Penelitian Tunas Kehidupan Awal Di darat 3,5 Miliar Tahun Lalu

Sebuah tim menemukan bukti stromatolit fosil yaitu struktur yang dibentuk oleh lapisan cyanobacteria yang tampaknya sumber air hangat kuno. Temuan mendukung teori munculnya kehidupan yang mungkin telah berevolusi di sumber air panas berbasis tanah daripada lubang hidrotermal laut.

Para ilmuwan mengatakan temuan membuat daerah tersebut yang dikenal sebagai formasi Dresser dimana sisa-sisa air panas berbasis darat tertua di Bumi lebih dari 3 miliar tahun dari temuan sebelumnya. Laporan ini memberikan target baru dalam pencarian kehidupan purba di Mars.

"Untuk benar-benar menemukan endapan air panas seperti kisah pemandian air panas terestrial untuk kehidupan awal di planet ini," kata Tara Djokic, astrobiolog University of New South Wales.

Temuan juga mendorong kembali bukti awal wilayah terbuka seluas 130 juta tahun dan catatan fosil kehidupan di darat hingga 580 juta tahun lebih tua. Pilbara telah terkenal kaya fosil stromatolit, tapi sampai saat ini kawasan ini diyakini sebuah lingkungan laut dangkal.

Sebuah bukti aktivitas sumber air panas khususnya endapan mineral khas dikenal sebagai geyserite yang terbentuk oleh percikan air panas kaya mineral ke darat. Tekstur sangat halus dengan semua bentuk dan mencakup lapisan tumpang tindih sebagai ciri khas mata air panas modern.

"Ini perbandingan mutlak satu lawan satu dan kami sepenuhnya yakin deposit mata air panas, tidak ada lagi kemungkinan lain," kata Martin J. Van Kranendonk, astrobiolog University of New South Wales.

Bukti stromatolit juga termasuk fragmen fosil gelembung gas yang hanya bisa diproduksi oleh selimut kaya material mikroba. Stromatolit dianggap di lingkungan laut dangkal yang hangat seperti Teluk Shark di Australia Barat, tapi juga ditemukan di banyak sumber air panas tawar di seluruh dunia.

LaporanPenelitian.com Tunas Kehidupan Awal Di darat 3,5 Miliar Tahun Lalu

"Ada tempat-tempat menakjubkan yang bisa Anda kunjungi di Selandia Baru untuk melihat sumber air panas yang mengalir di sisi bukit dan seluruh saluran mata air panas berlapis goo oranye dan hijau, itulah tikar mikroba yang membuat stromatolit," kata Van Kranendonk.

www.LaporanPenelitian.com Tunas Kehidupan Awal Di darat 3,5 Miliar Tahun Lalu

Laporan baru sangat penting sebagai pertama kali deposit musim semi dari periode awal. Sangat langka untuk memastikan tanggal di sebuah tahun sekitar 3 miliar tahun lalu. Temuan juga memperkuat bukti biologi dan geologi munculnya kehidupan di sekitar sumber air panas berbasis daratan.

"Benar-benar menarik adalah misi Mars 2020 sedang dalam proses memilih tempat pendaratan rover dan salah satu situs penting adalah hot spring. Kita pada dasarnya menggunakan Bumi sebagai analog untuk segala tentang kehidupan di planet lain," kata Djokic.

Jurnal : Tara Djokic et al. Earliest signs of life on land preserved in ca. 3.5 Ga hot spring deposits, Nature Communications, 09 May 2017, DOI:10.1038/ncomms15263
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments