Skip to main content

Penyimpangan Kosmik Singularitas Empat Dimensi Ruang-Waktu

Laporan Penelitian ~ Ruang-waktu yang tersembunyi diam-diam dari jangkauan dan membuat banyak masalah teoritis berpotensi mengekspos diri kepada pengamat di beberapa alam semesta yang melengkung. Para ilmuwan melaporkan bahwa singularitas dapat diungkap dalam alam hipotetik berbentuk pelana.

Laporan Penelitian Penyimpangan Kosmik Singularitas Empat Dimensi Ruang-Waktu

Singularitas yang aneh adalah titik ruang di mana hukum fisika standar tidak berlaku. Duduk di pusat lubang hitam, singularitas umumnya tersembunyi dari pandangan yang tidak bisa diamati. Sekarang sebuah laporan mengatakan singularitas dapat diungkap dalam alam hipotetik pelana.

Para ilmuwan telah lama menggangap singularitas mungkin tidak tersembunyi seluruhnya di alam semesta dengan lebih dari tiga dimensi spasial. Laporan baru menandai pertama kalinya kemungkinan penampakan singularitas di alam semesta tiga dimensi lebih.

Di dalam teori gravitasi Einstein mengatakan teori relativitas umum dan ruang-waktu dapat melengkung. Benda besar seperti bintang meremas ruang seperti kain yang menyebabkan planet mengorbit di sekitarnya. Sebuah singularitas adalah peristiwa ekstrem sehingga persamaan relativitas umum berantakan.

Tapi singularitas lubang hitam tersembunyi oleh cakrawala peristiwa yang mencakup wilayah di mana bahkan cahaya tidak dapat memantul. Pada tahun 1969 matematikawan Roger Penrose mengusulkan semua singularitas berlaku sama.

Relativitas umum mengatakan alam semesta hipotetik dapat mengambil berbagai bentuk. Alam semesta yang dikenal hampir datar pada skala besar yang berarti geometri berlaku dan perjalanan cahaya dalam garis lurus. Tapi di alam semesta yang melengkung, peraturan tersebut tidak berlaku.

"Kami mempertimbangkan solusi persamaan Einstein-Maxwell bergantung waktu dengan menggunakan kondisi batas anti-de Sitter (AdS) dan memberikan contoh pertama perkiraan sensor kosmik lemah dalam empat dimensi ruang-waktu," kata Toby Crisford dan Jorge Santos, fisikawan University of Cambridge di UK.

Laporan baru memulai dengan geometri melengkung yang terlipat sedemikian rupa sehingga cahaya yang dikirim ke luar angkasa pada akhirnya akan kembali ke tempat asalnya. Perubahan batas lengkungan ruang-waktu dan pengamatan secara bertahap secara sewenang-wenang menghasilkan singularitas telanjang.

Pembahasan alam semesta yang melengkung memiliki implikasi luas karena gravitasi di ruang AdS dperkirakan memiliki hubungan dengan teori lain yang sejajar dengan beberapa teori fisika partikel. Penyimpangan kosmis bisa berakibat pada ide lain, meskipun tampaknya tidak terkait.

Toby Crisford and Jorge E. Santos. Violating weak cosmic censorship in AdS4, arXiv, Submitted on 17 Feb 2017, arXiv:1702.05490
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments